Paslon Afnan-Singgih Ketemu Haedar Nashir, Apa yang Dibahas?

Bacawali Kota Jogja itu datangi kantor Muhammadiyah hari ini

Intinya Sih...

  • Afnan-Singgih bertemu Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, membincangkan Pilkada Yogyakarta 2024.
  • Haedar menekankan perlunya keikutsertaan dengan hati tulus dan membuat terobosan yang berbeda dalam kontestasi Pilkada.
  • Muhammadiyah mempersilakan kadernya ikut partai politik asal memberikan manfaat bagi kemaslahatan umat.

Yogyakarta, IDN Times - Bakal calon wali kota dan wakil wali kota Yogyakarta, Afnan Hadikusumo-Singgih Raharjo menemui Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, di Kantor PP Muhammadiyah Kota Yogyakarta, Selasa (10/9/24). Afnan-Singgih menggelar pertemuan selama lebih kurang 90 menit dan membincangkan berbagai macam hal.

1. Wejangan Haedar buat Afnan-Singgih

Paslon Afnan-Singgih Ketemu Haedar Nashir, Apa yang Dibahas?Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. (Dok. Istimewa)

Dalam momen pertemuan itu, Haedar memberikan wejangannya buat Afnan-Singgih menyangkut keikutsertaannya dalam kontestasi Pilkada Yogyakarta 2024. Haedar berpesan agar pelaksanaan Pilkada 2024 ini harus diikuti dengan hati yang tulus untuk mendekati warga Yogyakarta. Selain itu juga perlunya membuat suatu terobosan yang berbeda dari pemimpin-pemimpin sebelumnya.

"Muhammadiyah sebagai organisasi keagamaan tidak semata-mata berkutat pada urusan keagamaan saja, akan tetapi juga berpikir untuk peningkatan kesejahteraan umat," kata Haedar.

Lebih jauh, Haedar menuturkan bahwa Muhammadiyah mempersilakan kadernya ikut partai politik, namun lebih penting untuk bisa memberikan manfaat bagi kemaslahatan umat. Dia turut mengapresiasi komunikasi yang dibangun antara organisasinya dengan parpol koalisi pengusung Afnan-Singgih.

"Ini bisa menjadi sinergi tersendiri untuk sama sama menata kota Jogja yang lebih baik," katanya.

2. Klaim visi-misi sejalan dengan harapan Muhammadiyah

Paslon Afnan-Singgih Ketemu Haedar Nashir, Apa yang Dibahas?Bakal calon wali kota dan wakil wali kota Yogyakarta, Afnan Hadikusumo-Singgih Raharjo menemui Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Afnan-Singgih memang tak sendiri datang ke Kantor PP Muhammadiyah. Keduanya didampingi oleh pimpinan partai pengusung, sejumlah tokoh masyarakat, serta pengurus Muhammadiyah di DIY dan Kota Yogyakarta.

Beberapa sosok yang terlihat antara lain Wali Kota Jogja 2001-2011, Herry Zudianto; jajaran PW Muhammadiyah seperti Ikhwan Ahada, Arif Jamali Muis, Azman Latif dan Muhammad Isnawan; Ketua PD Muhammadiyah Kota Jogja, Aris Madani; hingga Anggota DPD RI Terpilih Syauqi Soeratno.

Afnan sementara itu mengungkapkan maksud kedatangannya dalam rangka silaturahmi yang sebenarnya sudah terencana sejak lama.

"Tapi, karena ada proses administrasi pendaftaran di KPU, sehingga kita fokus ke sana dulu. Kami juga sedang konsolidasi sampai di tingkat ranting. Tapi, alhamdulillah hari ini bisa silaturahmi dengan Ketum bersama Sekretaris Umum dan Ketua," ujar Afnan usai pertemuan.

Afnan berujar, ia dan Singgih mendapat banyak masukan dari Haedar. Sepenuturannya, visi-misi yang diusungnya secara garis besar sejalan dengan harapan PP Muhammadiyah dalam pembangunan Kota Yogyakarta ke depan.

"Kami diminta mengedepankan kesejahteraan masyarakat, dengan menjalankan program inovatif dan kreatif, sehingga tidak monoton," kata cucu Ki Bagus Hadikusumo itu.

"Lalu, ada pesan dari Ketum, agar Afnan-Singgih bisa menjaga Yogya sebagai kota yang toleran, dengan karakter kerukunan antarumat beragamanya," lanjut dia.

Baca Juga: Bawaslu DIY: Perangkat Desa Masih Rawan Tak Netral saat Pilkada 2024

3. Lompatan-lompatan strategis pembangunan daerah

Paslon Afnan-Singgih Ketemu Haedar Nashir, Apa yang Dibahas?Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta, Afnan Hadikusumo dan Singgih Raharjo mendaftarkan diri maju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta, Rabu (28/8/2024) pagi. (Dok. Istimewa)

Sementara Singgih, memastikan bahwa ia bersama Afnan siap menghadirkan lompatan-lompatan strategis dalam pembangunan daerah, utamanya pada sektor pendidikan, pariwisata dan kebudayaan yang selama ini menjadi penyangga utama Kota Yogyakarta.

"Itu tadi disampaikan oleh Pak Haedar, di mana kami diharapkan bisa melakukan lompatan-lompatan untuk menjadikan kota ini lebih baik lagi," kata Singgih.

Baca Juga: Lokasi Kampanye Pilkada Kota Yogyakarta Minim, Kerawanan Meningkat

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya