Nasdem-PDIP Dikabarkan Merenggang, Surya Paloh: Tidak Ada Perubahan

Dalam koalisi tidak boleh ada duri dalam daging 

Bantul, IDN Times - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Surya Paloh menegaskan hubungannya dengan partai koalisi pengusung Joko Widodo-Ma'ruf Amin, baik -baik saja. Termasuk dengan PDIP. 

Bahkan dirinya mengklaim tidak ada yang berubah sejak Megawati bertemu dengan Prabowo Subianto, ataupun saat ia menyatakan dukungannya terhadap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. 

1. Klaim tak ada yang berubah

Nasdem-PDIP Dikabarkan Merenggang, Surya Paloh: Tidak Ada PerubahanIDN Times/Irfan Fathurohman

Surya Paloh pun menegaskan kabar mengenai keretakan hubungannya dengan Megawati dan PDIP hanyalah rumor belaka. 

"(Hubungan) baik, artinya berjalan sebagaimana yang memang kami rasakan. Tetap menjaga hubungan baik yang sudah terjaga selama ini. Tidak ada perubahan," kata Surya  Paloh saat dijumpai di salah satu rumah makan di Bantul, DIY, Selasa (30/7).

Baca Juga: Imbauan Haedar ke Dahnil, Jangan Bawa Muhammadiyah ke Politik Praktis 

2. Oposisi yang makin lengket dengan koalisi Jokowi

Nasdem-PDIP Dikabarkan Merenggang, Surya Paloh: Tidak Ada PerubahanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Munculnya kabar koalisi pendukung Jokowi yang mengalami keretakan, seiring merapatnya partai oposisi ke kubu Jokowi, Surya Paloh mengatakan hal tersebut bukanlah urusan Nasdem semata, tapi harus dibicarakan sesama parpol dalam koalisi.

"Jadi penambahan koalisi, bisa diartikan boleh ada, boleh tidak ada. Karena belum bertemu," sebutnya.

Menurutnya koalisi harus memegang teguh rasa saling percaya satu sama lain. Sehingga, tidak memunculkan duri dalam daging atau hubungan menjadi rusak. "Rusak itu terjadi saat  ketidaksepakatan dalam kesepakatan. Artinya, ada keterpaksaan. Menerima dengan terpaksa itu tidak boleh," ungkapnya.

3. Konsep sharing of power dalam koalisi

Nasdem-PDIP Dikabarkan Merenggang, Surya Paloh: Tidak Ada PerubahanIDN Times/Tunggul Kumoro

Ditanya mengenai konsep sharing of power atau pembagian kekuasaan dalam koalisi, Suryo mengatakan hal itu telah berjalan seperti yang selama ini dilakukan.  

"Sama seperti apa yang kami jalankan selama ini, coba tanya apa yang selama ini sudah berjalan. Ini kan bukan hal baru. Sudah 5 tahun berjalan dalam suka dan duka. Dalam kegelapan maupun jalan yang terang," pungkasnya.

Baca Juga: Kemenag Gelar Sidang Isbat 1 Agustus untuk Tentukan Idul Adha

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya