Muhammadiyah Siapkan 700 lebih Lokasi Salat Idul Fitri di Jogja

Muhammadiyah rayakan Idul Fitri sama dengan pemerintah

Yogyakarta, IDN Times - Sebanyak 718 lokasi disiapakan Muhammadiyah untuk tempat penyelenggaraan ibadah Salat Idul Fitri 1445 H, pada Rabu (10/4/2024).

PWM Muhammadiyah DIY menyediakan lokasi Salat Idul Fitri di Kota Yogyakarta sebanyak 73 titik, Kabupaten Bantul 219 titik, Sleman 183 titik, Kulon Progo 89 titik, dan Gunungkidul 159 titik.

1. Tasamuh dan toleran sikapi perbedaan

Muhammadiyah Siapkan 700 lebih Lokasi Salat Idul Fitri di Jogjailustrasi salat Idul Fitri (pexels.com/Didno Didno)

Sekretaris PWM DIY, Arif Jamali Muis berharap masyarakat bisa beribadah dengan khusyuk, dan tertib. Selain itu dapat mengambil hikmah dari ibadah Ramadan tahun ini.

"Agar momentum Idul Fitri tahun ini membawa kaum muslimin dan warga DIY secara khusus, untuk membawa Indonesia berkemajuan dalam berbagai aspek kehidupan," ujarnya dalam keterangan tertulis , Senin (8/4/2024).

"Jika ada perbedaan dalam mengawali Ramadan maupun ber-Idul Fitri, maka kedepankan tasamuh, saling toleran, menghargai dengan penuh kedewasaan," sambungnya.

2. Waktu Lebaran, tidak ada perbedaan antara Muhammadiyah dan Pemerintah

Muhammadiyah Siapkan 700 lebih Lokasi Salat Idul Fitri di JogjaKetua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo).

Sebelumnya, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir, memprediksi hari raya Idul Fitri 2024 atau 1 Syawal 1445 Hijriah antara Muhammadiyah dan pemerintah akan berlangsung bersamaan.

"Insya Allah Muhammadiyah akan ber-Idul Fitri pada 10 April 2024 dan tampaknya Idul Fitri akan sama antara pemerintah dan Muhammadiyah," ucapnya di Kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Sabtu (6/4/2024).

Haedar berharap kesamaan ini tidak menimbulkan kebingungan di kalangan masyarakat, mengingat adanya perbedaan awal Ramadan antara Muhammadiyah dan pemerintah tahun ini. "Ramadhan-nya beda tapi Idul Fitri-nya sama karena ada perbedaan cara penetapan," ujarnya.

Baca Juga: Muhammadiyah Siapkan 700 lebih Lokasi Salat Idul Fitri di Jogja

3. Kampanyekan Kalender Hijriah Tunggal

Muhammadiyah Siapkan 700 lebih Lokasi Salat Idul Fitri di Jogjailustrasi ramadan (pexels.com/Thirdman)

Untuk mengakhiri masalah perbedaan tersebut, Muhammadiyah berupaya mengampanyekan Kalender Hijriah Global Tunggal (KHGT). Konsep ini diharapkan dapat diadopsi tidak hanya di Indonesia, tetapi juga oleh umat Islam di seluruh dunia agar perbedaan semacam ini tidak terjadi lagi di masa mendatang.

"Sehingga nanti satu tanggal baru itu berlaku untuk di semua negara. Seperti kalender masehi yang tidak ada perbedaan," ucap Haedar.

Haedar menegaskan jika umat Islam masih menggunakan kalender berdasarkan negara masing-masing, maka perbedaan dalam menentukan waktu-waktu penting umat Islam akan terus terjadi. Oleh karena itu, Muhammadiyah mengusulkan adopsi KHGT untuk mengatasi masalah ini.

Baca Juga: Keraton Jogja Tambah Lokasi Pembagian Gunungan Grebeg Syawal

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya