Masjid Gedhe Kauman Terima Sapi Kurban dari Keluarga Cendana

Daging sapi rencananya dikirim hingga luar Yogyakarta

Yogyakarta, IDN Times - Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta menerima sapi kurban dari Keluarga Cendana pada Idul Adha tahun ini. Daging sapi hasil sembelihan beserta milik sohibul lainnya rencananya dikirimkan hingga ke luar Yogyakarta.

1. Sapi Australia dari Tapos

Masjid Gedhe Kauman Terima Sapi Kurban dari Keluarga CendanaTakmir masjid Gedhe Kauman, Azman Latif. (Dok. Istimewa)

Ketua Takmir Masjid Gedhe Kauman, Azman Latif mengatakan, hewan kurban pemberian keluarga Cendana berjenis sapi Australia yang berasal dari Peternakan Tapos, Ciawi, Bogor.

"Kalau beratnya saya gak hafal ya, tapi itu sapi Australia dari Tapos," kata Azman ditemui di Kompleks Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta, Rabu (28/6/2023).

2. Didiet Prabowo hingga Almarhum Soeharto

Masjid Gedhe Kauman Terima Sapi Kurban dari Keluarga CendanaMasyarakat Kampung Kauman di Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, melakukan penyembelihan hewan kurban hari ini, Rabu (28/6/2023). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Azman menambahkan, masyarakat Kampung Kauman khususnya di area dekat Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta hari ini melaksanakan penyembelihan terhadap 11 sapi dan 18 kambing.

Di antara nama sohibul yang terpampang di spanduk, tercantum nama Siti Hediati Heriyadi atau akrab dikenal dengan nama Titiek Soeharto dan Ragowo Hediprasetyo alias Didiet Prabowo, yang tak lain adalah Putra Prabowo Subianto.

Kemudian ada nama Mendiang Presiden ke-2 RI, Almarhum HM Soeharto dan istrinya, Siti Hartinah atau Ibu Tien Soeharto. Lalu ada juga dari Gubernur DIY sekaligus Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Azman menerangkan, seluruh daging hasil sembelihan di Kampung Kauman, akan dibagikan kepada penerima manfaat hingga di luar Yogyakarta.

"Selain sepertiga untuk sohibul, yang lain kita bagi kepada yang berhak. Bisa warga yang kebetulan tidak kurban, dan kebanyakan melayani surat-surat yang masuk. Dari luar Kauman, luar Jogja bahkan," imbuh Azman.

Baca Juga: Masjid Gedhe Kauman Gelar 2 Kali Salat Idul Adha, Hari Ini dan Besok

3. Disembelih hari ini beda anjuran Muhammadiyah

Masjid Gedhe Kauman Terima Sapi Kurban dari Keluarga CendanaMasyarakat Kampung Kauman di Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, melakukan penyembelihan hewan kurban hari ini, Rabu (28/6/2023). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Dikatakan Azman, penyembelihan hewan kurban di Kampung Kauman dilakukan hari ini. Sementara, PP Muhammadiyah sendiri telah menerbitkan surat edaran agar penyembelihan hewan kurban dilakukan, Kamis (29/6/2023) demi menjaga toleransi dengan umat muslim yang baru merayakan Iduladha besok.

Azman menyebut penyembelihan dilakukan hari ini dengan alasan seluruh masyarakat Kauman adalah warga Muhammadiyah yang telah merayakan hari raya Iduladha hari ini.

"Pertimbangannya karena sebenarnya itu (surat edaran) dasarnya toleransi, karena di Kauman ini Muhammadiyah semuanya kita sembelih sekaligus tanggal 28 (Juni)," kata Azman.

Tanpa bermaksud untuk tidak mengindahkan isi urat edaran PP Muhammadiyah, keputusan penyembelihan hewan kurban hari ini baginya juga tidak akan mengurangi toleransi di Kampung Kauman yang seluruhnya adalah warga Muhammadiyah.

"Kecuali kalau memang (wilayah) yang mayoritas salatnya tanggal 29, tapi kalau di sini kan 28. Tidak kemudian yang menyembelih tanggal 28 tidak toleran," tuturnya.

Azman menambahkan, sesuai pedoman mengenai hari tasyrik, maka daging untuk penerima manfaat yang melaksanakan Iduladha tanggal 29 Juni 2023 tetap dibagikan karena masih dalam hitungan tiga hari setelah nahar.

"Jadi masih ada hari tasyrik tiga hari setelah idul kurban, tanggal 29, 30 (Juni), dan 1 (Juli)," pungkas Azman.

Baca Juga: Kampung Kauman Yogyakarta Sembelih Kurban Hari Ini

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya