Libur Lebaran, Pelancong dari Luar DIY Banjiri Objek Wisata di Yogya

Mereka lolos penyekatan di perbatasan

Yogyakarta, IDN Times - Para wisatawan dari luar daerah dilaporkan terpantau mendatangi sejumlah objek wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Informasi tersebut berdasarkan hasil pemantauan dan pengawasan jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DIY selama momen libur Lebaran 2021 ini.

Baca Juga: Libur Lebaran, Pengunjung Kawasan Malioboro Tak Sampai Seribu per Hari

1. Didominasi pelancong asal Jateng

Libur Lebaran, Pelancong dari Luar DIY Banjiri Objek Wisata di YogyaKepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad. IDN Times/Tunggul Damarjati

Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad menyebut, wisatawan luar daerah ini banyak ditemukan jajarannya di objek wisata pantai. Seperti di Glagah, Sepanjang, dan Pok Tunggal.

"Banyak yang dari luar DIY juga masuk. Kebanyakan dari Jawa Tengah, contohnya itu Glagah, (wisatawan) dari Purworejo pada masuk, kalau di daerah Wonogiri masuknya ke Sepanjang," tutur Noviar saat dihubungi, Senin (17/5/2021).

Pihaknya keheranan, padahal seharusnya di pintu masuk objek wisata sudah ada petugas dari Dinas Pariwisata yang melalukan pengecekan.

"Pengunjung dari luar DIY itu tidak diperkenankan, tapi dalam kenyataannya lolos semua," ujarnya.

2. Lolos penyekatan perbatasan

Libur Lebaran, Pelancong dari Luar DIY Banjiri Objek Wisata di YogyaKendaraan berputar balik saat penyekatan larangan mudik Lebaran 2021 di perbatasan DIY-Jateng, Tempel, Sleman, Rabu (12/5/2021). (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Noviar berujar, para pelancong tersebut datang ke lokasi wisata pada hari itu juga untuk tujuan wisata semata. Artinya, mereka memang masuk ke wilayah DIY selama masa peniadaan mudik atau perjalanan luar daerah yang diberlakukan 6-17 Mei 2021.

"Biasanya kan tidak nginap, kalau dia mau wisata ke Jogja (DIY) ya langsung datang. Ternyata kan juga penyekatan di perbatasan ada yang longgar, di situ peluangnya masuk," sebutnya.

3. Tersaring di pos perbatasan

Libur Lebaran, Pelancong dari Luar DIY Banjiri Objek Wisata di YogyaWisatawan bermain air di Pantai Parangtritis, Bantul, DI Yogyakarta, Minggu (16/5/2021). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Sementara, secara terpisah Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Rahardjo mengatakan, berdasarkan data yang terekam melalui portal informasi wisata milik Pemda DIY, yakni Visiting Jogja, memang terpantau ada beberapa wisatawan luar daerah yang berkunjung ke DIY sejak 12 Mei kemarin.

Jumlahnya, disebut Singgih, tak terlalu banyak atau bahkan masih kalah jauh dibanding wisatawan lokal.

Dari total sekitar 117 ribu kunjungan hingga tanggal 16 Mei 2021 kemarin, cuma sekitar 7 persennya saja yang merupakan wisatawan luar daerah

"Yang 93 persen wisatawan dalam (dari) DIY, yang sekitar 7 persen dari luar DIY," imbuh Singgih saat dihubungi.

Akan tetapi, Singgih yakin para wisatawan tersebut sebelumnya juga sudah melalui pos penyekatan di perbatasan provinsi. Mereka bisa melintas lantaran mengantongi surat bebas COVID-19.

"Kita tidak pungkiri ada yang kemudian lolos. Meski pemerintah sudah melakukan pelarangan mudik. Tapi tentu yang lolos ini sebagai syarat perjalanan, itu kan menunjukkan hasil swab antigen," tandasnya.

Baca Juga: Libur Lebaran, Dinpar Bantul Raup Pendapatan Rp401 Juta

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya