Comscore Tracker

Lawan Persipura, PSS Main Tanpa Yevhen Seto: Kami akan Maksimal 

Waspadai skuad racikan Jacksen F. Thiago

Sleman, IDN Times - PSS Sleman melakoni laga kandang pertama pada putaran kedua Liga 1 2019, Kamis (19/9). Di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pasukan Super Elang Jawa akan menjamu tim elite Persipura Jayapura.

PSS Sleman dipastikan bakal menempuh jalan terjal. Tim tamu saat ini tengah berada dalam tren terbaiknya, sedangkan pasukan Seto Nurdiyantara akan turun  tanpa penyerang asing mereka, Yevhen Bokhashvili.

1. Seto mengaku tak khawatir

Lawan Persipura, PSS Main Tanpa Yevhen Seto: Kami akan Maksimal IDN Times/Tunggul Kumoro

Pelatih PSS, Seto Nurdiyantara mengakui absennya Yevhen bakal mempengaruhi kekuatan di lini depan. Bagaimana tidak, hingga saat ini pemain asli Ukraina itu sendiri merupakan pencetak gol terbanyak Laskar Sembada.

"Absennya Yevhen pastinya mengurangi kekuatan, tapi saya tidak khawatir," kata Seto dalam sesi jumpa pers di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (18/9).

Seto menyebut, absennya Yevhen bisa dimanfaatkan dengan memainkan pemain-pemain lokal. Seperti Kushedya Yudo, Arsyad Yusgiantoro, atau Irkham Zahrul Mila. Dari situ, katanya akan muncul kesempatan baginya untuk berkreasi dan improvisasi lini depan.

"Tidak mengkhawatirkan, tapi tetap mengurangi kekuatan. Pemain lokal memang kalah postur dengan Yevhen. Intinya pasti ada pengaruhnya tapi saya tak begitu khawatir," ujarnya.

Baca Juga: Jogja-Semarang Jadi Saksi Adu Kuat 9 Negara di APA Sports Meet 2019

2. Beberapa pemain lain kurang fit

Lawan Persipura, PSS Main Tanpa Yevhen Seto: Kami akan Maksimal Twitter/@PSSleman

Sementara Yevhen dipastikan tak bisa tampil, sejumlah pemain PSS lainnya malah dalam kondisi tidak prima. Seto membeberkan, ada beberapa pemainnya yang saat ini mengalami cedera.

Para pemain yang dimaksud Seto, adalah Purwaka Yudi, Sidik Saimima, Bagus Nirwanto, dan Brian Ferreira. "Tapi hari ini mereka ikut berlatih dengan rekomendasi dokter. Untuk (kepastian bermain) besok, saya menunggu rekomendasi dari dokter," jelas Seto.

3. Waspadai sentuhan Jacksen F. Thiago

Lawan Persipura, PSS Main Tanpa Yevhen Seto: Kami akan Maksimal liga-indonesia.id

Mengenai laga besok, Seto menilai bakal jadi pertandingan yang berat. Sejak awal kompetisi, dia sudah menganggap Persipura sebagai kompetitor tangguh dan kini makin kuat sejak datangnya pelatih Jacksen F. Thiago.

"Mereka tim komplet dari segi kualitas pemain, permainan, kolektivitas. Tim ini yang paling stabil. Sekarang yang menangani Jacksen. Dia membawa aura positif dan hasil bagus," urai Seto.

Penilaian Seto itu memang terbukti. Sejak Jacksen menggantikan Luciano Leandro akhir Juni 2019 kemarin, Persipura berhasil memperbaiki peringkat mereka di klasemen sementara. Dalam 6 laga terakhir, Boaz Solossa dkk bisa meraih 16 poin hasil 5 kali menang dan sekali imbang.

"Buat saya pribadi, besok akan jadi pertandingan berat dengan rekor mentereng Persipura seperti itu," aku Seto.

"Jacksen yang sudah menyatu (dengan Persipura) bisa lebih dari apa yang saya bayangkan," lanjutnya.

Selain peran Jacksen, prestasi ini semua tak terlepas dari kualitas pemain, permainan, dan kolektivitas tim. Belum lagi hubungan antar pemain yang sudah terbangun cukup lama. "Secara chemistry pasti lebih paham dan tahu antar pemain," sambungnya.

Terlepas dari itu semua, Seto menganggap kans bagi timnya untuk meraih poin 3 masih hidup. Sepanjang skuadnya fokus dan bisa mengimplementasikan materi latihan ke pertandingan besok.

Selain itu, PSS juga punya waktu pemulihan lebih lama ketimbang tim tamu. "Kami akan bermain semaksimal mungkin," tandasnya.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Pekan Ke-18 yang Membuka Putaran Kedua Liga 1 2019 

Topic:

  • Tunggul Damarjati
  • Febriana Sintasari

Just For You