Koalisi Prabowo Bahas Tim Pemenangan, Partai Warna Biru Bakal Hadir

Tim pemenangan akan dibahas sore ini di Hambalang 

Bantul, IDN Times - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan, Koalisi Indonesia Maju (KIM) pendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024, akan bertemu membahas penyusunan tim pemenangan hari ini.

"Oiya nanti kita akan kumpul di Hambalang," kata Zulhas di Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Bantul, Minggu (18/9/2023).

 

1. 'Parpol biru' pendukung baru Prabowo ikut hadir

Koalisi Prabowo Bahas Tim Pemenangan, Partai Warna Biru Bakal HadirBendera partai politik peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Dikatakan Zulhas, partai politik berwarna biru pendukung baru Prabowo rencananya juga bakalan hadir dalam rapat pembahasan tim pemenangan tersebut. "Ya itu (partai biru) Insyaallah nanti datang sore," ucap Zulhas.

2. Lakukan pendekatan ke sejumlah tokoh

Koalisi Prabowo Bahas Tim Pemenangan, Partai Warna Biru Bakal HadirKetua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sebelumnya Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Calon Presiden (Capres) dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto, mengatakan bakal bersiap membentuk tim pemenangan. Hal ini disampaikan Prabowo usai menggelar rapat dengan para pemimpin partai yang tergabung dalam koalisi di Kantor DPP Golkar, Kamis (14/9/2023) malam.

Dia mengatakan, para ketua tim pemenangan bakal melakukan pendekatan dengan sejumlah tokoh. "Proses berjalan, pada saatnya akan kita sampaikan," kata dia.

 

Baca Juga: Pakar UGM: Partai Demokrat Bisa Gabung PDIP hingga Bangun Koalisi Baru

3. Partai berwarna Biru merapat ke KIM

Koalisi Prabowo Bahas Tim Pemenangan, Partai Warna Biru Bakal HadirIlustrasi Parpol. Foto: Ist.

Soal partai berwarna biru, Ketua DPP Partai Golkar, Dave Laksono sempat membocorkan bahwa ada parpol parlemen yang segera melabuhkan dukungan ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung capres Prabowo Subianto.

Dave menyebut, partai parlemen yang akan merapat tersebut berwarna biru. "Pokoknya ada tambahan (parpol) warna biru di dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM). Jadi, kita sabar aja dulu," ungkap Dave kepada IDN Times melalui telepon, Jumat (15/9/2023). 

"Pokoknya kita tinggal menunggu aja (parpol) warna biru yang mana lagi (yang akan bergabung)," tutur dia. 

Sejauh ini hanya ada tiga partai parlemen dengan ciri khas warna biru. Ketiganya yaitu Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Demokrat. NasDem kini sudah membentuk Koalisi Perubahan dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sedangkan, PAN sudah resmi berada satu koalisi dengan Golkar. 

"Sing sabar tho," kata pria yang juga menjabat sebagai anggota Komisi I DPR itu ketika ditanya kembali kepastian apakah parpol yang akan bergabung adalah Partai Demokrat. 

Baca Juga: Ganjar, Anies, dan Prabowo Akan Dipertemukan di UGM

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya