Jokowi Berbicara Empat Mata dengan Sri Sultan di Keraton Jogja

Jokowi juga sempat bertemu dengan AHY

Yogyakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Kilen, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Minggu (28/1/2024).

Jokowi tiba di Keraton Kilen menggunakan mobil Toyota Alphard. Pertemuan dilakukan selama satu jam. 

1. Berbicara empat mata

Jokowi Berbicara Empat Mata dengan Sri Sultan di Keraton JogjaPresiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Kilen, Minggu (28/1/2024) (IDNtimes/ Tunggul Damarjati)

Menantu Sri Sultan HB X, KPH Notonegoro mengatakan, dirinya tak mengetahui apa yang dibicarakan oleh Sultan dan Jokowi lantaran keduanya bertemu secara empat mata.

"Bertemunya berdua saja," kata Kanjeng Noto.

2. Keduanya terakhir bertemu di Yogyakarta saat Lebaran tahun lalu

Jokowi Berbicara Empat Mata dengan Sri Sultan di Keraton JogjaSri Sultan HB X, salat Idulfitri di Alun-alun Utara 2019 (instagram.com/humasjogja)

Menurut Kanjeng Noto, pertemuan ini adalah hal lumrah. Katanya, Jokowi memang kerap bertemu Sultan ketika sedang berada di Yogyakarta. Terakhir, lanjutnya, saat Idul Fitri tahun 2023.

"Memang sudah hal yang biasa, kalau beliau sedang di Jogja, dan ada waktu biasanya bersilaturahmi dengan Ngarsa Dalem (Sultan). Pertemuannya tertutup, cuma pesan dari kami mohon jangan dinarasikan yang nggak-nggak," kata Kanjeng Noto.

Baca Juga: Ganjar-Mahfud Kampanye di Kulon Progo, Jokowi Kunjungi Jogja

3. Gowes dan sarapan gudeg bareng AHY

Jokowi Berbicara Empat Mata dengan Sri Sultan di Keraton JogjaJokowi sarapan dan bersepeda bareng Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Minggu (28/1/2024) (Antara/Rangga Pandu)

Sebelum bertemu Sri Sultan, Jokowi diketahui sempat sarapan dan bersepeda bareng Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Minggu pagi.

Jokowi dan AHY sarapan bareng di Warung Gudeg Yu Djum Wijilan 167, yang berada di kawasan Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta. 

Adit Fajar, Manager Operasional Gudeg Yu Djum Wijilan 167 menyebut Jokowi dan AHY datang bersama kurang lebih pukul 07.00 WIB. "(Datang) naik sepeda dua-duanya," kata Adit.

Menurut Adit, Jokowi dan AHY duduk berdua saat sarapan bareng di warungnya. "Tadi pesen gudeg semua, ada yang varian nasi gudeg krecek ayam paha atas, telur sama ayam. Mas AHY sama," katanya.

Adit pribadi mengaku senang warungnya ini dikunjungi Jokowi dan AHY yang tak lain adalah putra sulung presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

Baca Juga: Jokowi dan AHY Bertemu di Yogyakarta, Ini yang Dibahas

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya