Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo Ditambah, Kartasura Langsung Klaten

Ditambah 13 km untuk dukung mudik Lebaran

Yogyakarta, IDN Times - Pengembang Tol Yogyakarta-Solo menyatakan tengah mengupayakan penambahan ruas jalur fungsional yang bisa dibuka dan dilintasi pengendara saat momen Lebaran 2024 nanti. Penambahan ruas jalur ini diharapkan mampu mendukung kelancaran berlalu lintas saat musim mudik.

1. Akses 20 km lebih dari Kartasura

Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo Ditambah, Kartasura Langsung KlatenTol Yogyakarta-Solo (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Manajer Humas PT Jasamarga Jogja-Solo Rachmat Jasiman mengatakan, pihak pengembang tol merencanakan penambahan jalur fungsional sepanjang 10-13 kilometer.

Saat momen libur Natal dan Tahun Baru 2023 lalu, jalur fungsional Tol Jogja-Solo dibuka sepanjang 13 kilometer, membentang dari Kartasura, Sukoharjo sampai Karanganom, Klaten. Jalur itu tercatat dilintasi sebanyak 107.321 kendaraan selama 10 hari dibuka. 

Dengan rencana penambahan jalur fungsional, maka pengendara bisa melintasi jalur tol lebih dari 20 kilometer dari titik masuk Kartasura.  

"Target kami untuk lebaran itu sekitar 23 sampai dengan 25 kilometer," kata Rachmat, Selasa (20/2/2024)

2. Bisa langsung sampai Klaten kota

Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo Ditambah, Kartasura Langsung KlatenTol Yogyakarta-Solo (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Dengan penambahan jalur fungsional sejauh itu, maka pengendara yang masuk dari Kartasura diestimasi bisa langsung menuju ke wilayah Karanganom, atau bahkan Klaten bagian kota.

"Mudah-mudahan bisa tembus sampai ke (Klaten) kota. Kalau pun belum mungkin sebelum Klaten kota," jelas Rachmat.

Baca Juga: Pengembang Tol Jogja-Solo Pastikan Makam di Bayen Direlokasi

3. Pakai rigid pavement, kelar H-7 lebaran

Jalur Fungsional Tol Jogja-Solo Ditambah, Kartasura Langsung KlatenTol Solo-Yogyakarta (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Rachmat melanjutkan, tambahan tambahan jalur fungsional itu nantinya diharapkan digarap menggunakan struktur rigid pavement atau metode perkerasan jalan beton.

"Mudah-mudahan sudah di-rigid (pavement) semua. Mudah-mudahan target kami seperti itu tidak ada halangan," harap Rachmat.

PT Jasamarga Jogja-Solo mematok target agar penambahan jalur fungsional ini selambat-lambatnya selesai sepekan sebelum lebaran, sekalipun pengerjaan proyek ini dilakukan di tengah musim hujan.

"Semoga membantu pemudik," pungkasnya.

Baca Juga: Tol Jogja-Solo Dibuka Fungsional Saat Lebaran Prambanan Jadi Perhatian

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya