Dicurigai HTI, TNI Akan Periksa kembali Enzo

Pengujian akan dilakukan secara ilmiah

Sleman, IDN Times – Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan menguji lagi Enzo Zenz Allie, Taruna Akademi Militer TNI blasteran Prancis-Indonesia yang dicurigai terkait organisasi terlarang, Hizbut Thahrir Indonesia (HTI).

Pengujian dilakukan guna memastikan apakah benar-benar terpapar radikalisme maupun terafiliasi sebagai simpatisan HTI atau tidak.

1. Diuji secara ilmiah

Dicurigai HTI, TNI Akan Periksa kembali EnzoIDN Times/Tunggul Kumoro

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI, Andika Perkasa mengatakan dalam waktu dekat, pemeriksaan secara ilmiah oleh Angkatan Darat akan dilakukan terhadap Enzo. Pengujian menggunakan parameter yang sudah teruji untuk melihat pribadi remaja 18 tahun itu secara objektif.

"Untuk melihat dirinya, bukan orang tuanya, bukan siapa. Karena kita ingin obyektif. Orangtua, saudara itu kan lingkungan. Tapi, belum tentu yang bersangkutan misalnya seperti ibunya kah atau seperti ayahnya, tidak bisa. Jadi kita ingin proporsional, kita ingin ilmiah, karena semuanya harus dipertanggungjawabkan," kata Andika di Universitas Gadjah Mada (UGM) seusai menjadi pembicara dalam penutupan Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB).

Baca Juga: Viral, Enzo Pria Keturunan Prancis Lolos Calon Prajurit Taruna TNI

2. Semua taruna akan diperiksa

Dicurigai HTI, TNI Akan Periksa kembali EnzoIDN Times/Tunggul Kumoro

Menurut Andika, hasil pemeriksaan itu memang akan menentukan pribadi Enzo. Namun, dia belum bisa memastikan nasib sang taruna apabila pada akhirnya benar-benar terbukti terpapar radikalisme atau menjadi simpatisan HTI. Apakah terhenti kariernya atau bisa lanjut tapi melalui program kontra-radikalisme?

"Itu kita lihat nanti, setelah ada hasilnya dulu. Sehari dua hari ini kita akan lakukan itu. Bukan hanya dia, tetapi kepada semua (taruna) yang ada di sana," bebernya.
Lagipula, menurut Andika, bahkan seusai pengujian ulang pun masih banyak waktu untuk menimbang pribadi Enzo selama dia masih mengenyam pendidikan militer 4 tahun ke depan.

3. TNI pantau aktivitas medsos semua taruna

Dicurigai HTI, TNI Akan Periksa kembali EnzoInstagram/tni_angkatan_darat

Andika pun memastikan jika kegiatan para taruna di media sosial turut serta dimonitor sebagai penilaian. "Walaupun itu juga kan tidak bisa serta merta kemudian membuat judgment atau penilaian kita terhadap yang bersangkutan," katanya.

Sosok Enzo Zenz Allie mulanya viral seusai dia sebagai Taruna TNI terekam kamera berbincang dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Banyak yang kagum akan usai melihat latar belakang Enzo yang merupakan keturunan Prancis-Indonesia.

Namun tak lama kemudian, isu miring menerpanya usai aktivitasnya di media sosial Facebook terpantau. Dia sempat memajang foto profil dirinya membawa atribut bendera yang biasa digunakan oleh simpatisan HTI.

Baca Juga: Kini Jadi TNI AL, 10 Potret Terbaru Rendy "Ganteng-Ganteng Serigala"

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya