Aksi Demo #GejayanMemanggil Jilid 2, Hindari Titik-titik Jalan Ini!

#MillennialBergerak #LawanArogansiDPR

Sleman, IDN Times - Aksi #GejayanMemanggil jilid 2 rencananya akan kembali digelar hari ini, Senin (30/9) di sekitar Jalan Gejayan, Sleman, DIY. Kepolisian setempat menyiapkan sejumlah skema rekayasa lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Sleman, AKP Mega Tetuko mengatakan, rekayasa lalu lintas nantinya akan diterapkan di sejumlah titik di sekitar aksi sembari melihat situasi dan kondisi.

1. Arus akan dialihkan di sekitar Universitas Sanata Dharma

Aksi Demo #GejayanMemanggil Jilid 2, Hindari Titik-titik Jalan Ini!IDN Times/Paulus Risang

Kata Mega, pengalihan arus nantinya akan diterapkan di depan SMA Gama atau simpang Moses Gatotkaca jika memungkinkan. Kendaraan bakal diarahkan ke timur atau melalui Universitas Sanata Dharma.

"Kalau peserta mulai banyak kemungkinan akan kita kurangi arus yang masuk ke arah Gejayan mulai dari (perempatan) Condongcatur. Jadi nanti dari ringroad sana tidak bisa ke selatan atau Gejayan dan pengendara akan dialihkan ke jalur alternatif lain oleh petugas," kata Mega, Senin.

Baca Juga: Aksi Gejayan Memanggil Siapkan 6 Panggung di Jalan Gejayan

2. Perempatan Sagan juga akan ditutup

Aksi Demo #GejayanMemanggil Jilid 2, Hindari Titik-titik Jalan Ini!IDN Times/Yogie Fadila

Di perempatan Sagan menuju Gejayan nantinya juga akan diterapkan rekayasa lalu lintas. Kata Mega, arus kendaraan dialihkan melalui simpang 4 lapangan sepak bola UNY ke arah utara dan selatan jika belum terjadi kepadatan.

"Simpang 4 Sagan nanti arahnya dari selatan ke utara, atau dari selatan ke kiri (bundaran UGM). Berlapis-lapis nanti, kalau misal masih memungkinkan rekayasanya di perempatan sebelah lapangan (UNY), kalau peserta banyak otomatis kita rekayasa di simpang 4 Sagan," urai Mega.

Mega melanjutkan, untuk sistem rekayasa lalu lintas ini tetap melihat situasi dan eskalasinya. Mulanya diberlakukan sistem buka tutup, namun jika sudah mulai padat dan tidak bisa dikover baru dilakukan penutupan.

3. Hindari juga perempatan Demangan

Aksi Demo #GejayanMemanggil Jilid 2, Hindari Titik-titik Jalan Ini!IDN Times/Yogie Fadila

Pihaknya juga menyebut akan berkoordinasi dengan Satlantas Polresta Yogyakarta untuk pengaturan arus lalu lintas di salah satu titik kumpul aksi. Yakni, di pertigaan Universitas Islam Negeri (UIN) Kalijaga.

"Karena pos 1, selatan Pasar Demangan masuk wilayah Kota Yogyakarta. Tapi nanti diupayakan yang ke arah utara (dari perempatan Demangan) ditutup, dan dari arah timur (UIN) dialihkan ke barat semua melalui jalan Solo," imbuhnya.

Oleh karenanya, Jalan Solo dan Ringroad Utara rencananya dioptimalkan untuk pengguna jalan. Harapannya, masyarakat bisa mematuhinya karena di sana juga ada anggota Satlantas yang berjaga.

Baca Juga: Kreatif, 10 Poster Unik yang Dibawa Peserta Aksi Gejayan Memanggil

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya