Ada Jokowi di Jogja, Parade Seni Budaya Lintas Etnis Ditunda

Jokowi akan tinggal di Jogja hingga Minggu (4/6/2023)

Yogyakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo tiba di Gedung Agung atau Istana Kepresidenan Yogyakarta di hari pertama libur panjang akhir pekan (long weekend), Kamis (1/6/2023).

Jokowi terpantau sampai di Istana Kepresidenan, Ngupasan, Gondomanan, kurang lebih pukul 12.28 WIB. Warga terlihat antusias menyaksikan kedatangan mantan Wali Kota Solo dan rombongannya.

1. Diperkirakan tinggal 4 hari

Ada Jokowi di Jogja, Parade Seni Budaya Lintas Etnis DitundaPresiden Jokowi Video Call dengan Suster Fira (Tangkapan Layar IG TV @jokowi)

Kasat Lantas Polresta Yogyakarta AKP Maryanto mengatakan, Jokowi diperkirakan bakal berada di Jogja sampai hari Minggu (4/6/2023) mendatang. "Informasinya, beliau sampai Minggu. Tapi masih tentatif," kata Maryanto.

Polresta Yogyakarta, menurutnya mengerahkan anggotanya guna mengamankan kegiatan kepala negara selama berada di Kota Gudeg. Saat ini polisi tak memberlakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Gedung Agung.

Jokowi rencananya akan meresmikan Jembatan Kretek 2 yang terletak di Kawasan Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Jumat (2/6/2023). 

2. Parade lintas etnis ditunda

Ada Jokowi di Jogja, Parade Seni Budaya Lintas Etnis DitundaPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Terpisah, Kabid Politik dan Ormas Kesbangpol Kota Yogyakarta Wiwid Widyastuti mengumumkan penundaan pelaksanaan Parade Seni Budaya Lintas Etnis menyusul adanya agenda kunjungan Jokowi di Yogyakarta.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) untuk menyambut peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Pemerintah Kota Yogyakarta.

"(Ditunda) karena ada kunjungan RI 1 di DIY pada tanggal 1-4 Juni 2023," kata Wiwid dalam keterangannya, Rabu (31/5/2023) malam.

Baca Juga: Jogja Library Center, Sesungguhnya Hidden Gems di Malioboro

3. Acara ditunda tanggal 10 Juni

Ada Jokowi di Jogja, Parade Seni Budaya Lintas Etnis DitundaIlustrasi kawasan Malioboro (kemenpar.go.id)

Wiwid mengatakan parade yang rencananya semula digelar di kawasan Malioboro pada Sabtu (3/6/2023) tidak mendapatkan izin penyelenggaraan acara, sehingga diputuskan untuk diundur oleh panitia.

"Kegiatan parade seni budaya lintas suku kami tunda, dan akan digelar tanggal 10 Juni 2023. Jam dan tempatnya sama," tambah Wiwid.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuliner Ekstrem di Jogja, Berani Coba?

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya