4 Jemaah Haji Asal Jogja Meninggal Dunia

Keempat jenazah sudah dimakamkan di Sharae, Arab Saudi

Yogyakarta, IDN Times - Jumlah jemaah haji asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang wafat saat menunaikan ibadah haji di Arab Saudi bertambah satu menjadi empat orang.

"Tiga orang (wafat) sebelum proses haji dan satu orang setelah rangkaian ibadah haji, tepatnya tanggal 30 Juni 2023," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kanwil Kemenag DIY, Aidy Johansyah saat dihubungi, Senin (3/7/2023).

Sebelumnya Kanwil Kemenag DIY melaporkan tiga jamaah haji asal DIY dilaporkan wafat saat menunaikan ibadahnya di Tanah Suci, Arab Saudi. Ketiganya meninggal dunia pada tanggal 20, 21, dan 25 Juni 2023.

Ketiga jemaah haji yang wafat ini masuk dalam daftar pemberangkatan dari Embarkasi Haji di Solo, Jawa Tengah. Mereka merupakan warga Bantul dan Sleman.

1. Wafat di Mina

4 Jemaah Haji Asal Jogja Meninggal DuniaIlustrasi korban meninggal. (IDN Times/Mardya Shakti)

Berdasarkan laporan yang diberikan Aidy, jemaah yang wafat pada tanggal 30 Juni 2023 atas nama Ngadijanto Guno Wijardjo (75), warga Rewulu Wetan, Sidokarto, Godean, Sleman. Ia merupakan jemaah dari kloter SOC 44 atau dalam daftar pemberangkatan dari embarkasi Haji di Solo, Jawa Tengah. 

"Almarhum meninggal di Mina," kata Aidy.

Sama seperti tiga jemaah haji yang tutup usia sebelumnya, menurut Aidy, Ngadijanto wafat dikarenakan penyakit yang dideritanya.

2. Sudah dimakamkan di Sharae

4 Jemaah Haji Asal Jogja Meninggal DuniaIlustrasi meninggal (IDN Times/Sukma Shakti)

Aidy melanjutkan, keempat jenazah jamaah yang wafat sebelum dan sesudah ibadah haji ini telah dimakamkan di Arab Saudi. "Dimakamkan di Sharae," imbuh Aidy.

Baca Juga: Tahun Ini Jumlah Calon Haji dari Sleman Naik 2 Kali Lipat 

3. Sebagian jemaah DIY sempat telantar

4 Jemaah Haji Asal Jogja Meninggal DuniaIlustrasi jemaah haji. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Aidy juga tak menyangkal adanya jemaah haji asal DIY yang telantar saat berada di Muzdalifah. Mereka sebagian jemaah haji dari kloter 46 dan 52.

Aidy mengklaim para jemaah yang sempat telantar itu kini sudah terkondisi. Mereka pun dinyatakan sehat.

"Alhamdulillah sudah terangkut semua waktu itu. Sudah bisa dievakuasi ke Mina, dan sekarang posisi jemaah kan sudah selesai untuk pelaksanaan rangkaian ibadah haji. Kecuali beberapa yang melaksanakan tawaf ifadah," tutupnya.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Oleh-oleh Haji dan Umrah, Unik dan Murah Meriah

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya