Diresmikan Presiden, Pedagang Pasar Godean Belum Pindah, Ada Apa?

Kementerian PUPR rampungkan revitalisasi pasar Juli 2024

Intinya Sih...

  • Pasar Induk Godean resmi diresmikan Presiden Jokowi pada 28 September 2024, namun masih sepi setelah satu minggu peresmian.
  • Pedagang memilih bertahan di pasar relokasi Sidoluhur karena kurangnya fasilitas lahan parkir di Pasar Godean yang baru.
  • Kementerian PUPR telah merampungkan revitalisasi Pasar Godean sejak Juli 2024, namun pembangunan lahan parkir menjadi tanggung jawab Pemkab Sleman.

Sleman, IDN Times - Presiden Joko Widodo telah meresmikan Pasar Induk Godean, pada Rabu (28/9/2024). Namun sepekan pasca peresmian, pasar baru ini masih sepi. Belum terlihat aktivitas jual-beli di pasar yang terletak di Kalurahan Sidoagung, Godean, Sleman ini.

Aktivitas yang ramai, justru terlihat di pasar relokasi di Sidoluhur, Godean, Sleman. Para pedagang memilih untuk bertahan di lokasi ini. Bukan tanpa alasan, Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Godean Sri Kundari memaparkan alasannya.

 

1. Belum terdapat lahan parkir

Diresmikan Presiden, Pedagang Pasar Godean Belum Pindah, Ada Apa?Bagian depan Pasar Godean. (IDN Times/Herlambang Jati)

Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Godean, Sri Kundari, menuturkan para pedagang tidak terburu-buru pindah ke Pasar Godean yang baru, lantaran belum adanya fasilitas lahan parkir di lingkungan pasar.

Para pedagang, lanjutnya, tidak mempermasalahkan tetap berada di Pasar Godean Sidoluhur, Godean, jika terdapat bangunan parkir, sehingga dapat menampung kendaraan milik pedagang maupun pembeli. 

“Mboten Kesusu, kita menunggu kalau ini semuanya sudah siap. Jadi ini belum ada parkir. Nah kalau nanti sudah ada parkir sarana dan prasarana siap kita bisa langsung pindah,” katanya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Kamis (5/9/2024).

2. Pedagang meminta tempat parkir 3 lantai

Diresmikan Presiden, Pedagang Pasar Godean Belum Pindah, Ada Apa?Aktivitas pedagang Pasar Godean di pasar yang baru, Rabu (28/8/2024). (Arianto/IDNTIMES))

Sri menuturkan saat ini terdapat 1.837 pedagang di Pasar Godean. Sementara calon lahan parkir terletak di utara Pasar Godean, yang saat ini statusnya masih menjadi kantor UPT Pelayanan Kesehatan.  

Para pedagang, lanjutnya, meminta lahan parkir dibangun tiga lantai. Desain ini sesuai dengan jumlah lantai Pasar Godean yang baru, sehingga mobilitas dari lahan parkir dapat langsung menuju los pedagang. 

“Kalau sekarang ini sudah lebih komplit, cuma yang belum ada parkir. (Pasar Godean) Ini tiga lantai, kita minta ada parkir tiap lantai. Kita nunggu siap baru pindah,” katanya.

Baca Juga: Resmikan Pasar Godean, Jokowi Berpesan untuk Merawat Pasar

Baca Juga: 5 Kuliner Kekinian di Pasar Kranggan Jogja, Buka Sampai Malam

3. Tanggung jawab Pemkab Sleman

Diresmikan Presiden, Pedagang Pasar Godean Belum Pindah, Ada Apa?Aktivitas pedagang Pasar Godean di pasar yang baru, Rabu (28/8/2024). (Arianto/IDNTIMES))

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti menanggapi permintaan pedagang Pasar Godean, yaitu pembangunan lahan parkir bagi pedagang maupun pengunjung. 

Terkait pembangunan lahan parkir, menurutnya merupakan tanggung jawab Pemkab Sleman. Pihaknya hanya berwenang melakukan revitalisasi bangunan utama Pasar Godean, sehingga tidak termasuk dengan lahan parkir.

“Kita bangun pasarnya ya, parkir akan dibangun oleh Kabupaten Sleman, nanti nyuwun Bu Bupati untuk parkirnya,” jelasnya saat ditemui di Pasar Godean, Rabu (28/8/2024). 

Diana juga meminta agar Pemkab Sleman menata pedagang secara baik, khususnya untuk pembagian zona dan los pedagang. Tujuannya agar dapat tertata dengan baik dan sistematis. Sehingga pembeli tidak kebingunan untuk mencari komoditi yang dicari. 

Diketahui bahwa Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR telah merampungkan revitalisasi Pasar Godean sejak Juli 2024. Kompleks pasar telah terbagi dalam beberapa zona. Diantaranya zona kering maupun basah. 

“Pasar langsung bisa dimanfaatkan, Bu Bupati nanti mengatur mana zona untuk ikan, zona daging, sayur dan sebagainya. Sehingga pasar tertata dengan baik,” katanya. 

Baca Juga: 6 Kuliner Pasar Prawirotaman Jogja, Jajan Pasar sampai Steak

Arianto Photo Community Writer Arianto

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya