UGM Kembali Sabet Gelar Universitas Terbaik Indonesia Versi QS WUR

UGM mempertahankan posisi di peringkat 254 besar dunia

Sleman, IDN Times - Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali mempertahankan posisi di peringkat 254 besar dunia versi Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) 2022. Dengan hasil ini, UGM tetap menjadi universitas terbaik di Indonesia versi QS WUR.

Baca Juga: 2050 Jakarta Diprediksi Tenggelam, Pakar UGM: Jadi Sebuah Keniscayaan

1. Ada beberapa aspek yang jadi penilaian

UGM Kembali Sabet Gelar Universitas Terbaik Indonesia Versi QS WURugm.ac.id

Kepala Kantor Jaminan Mutu, Prof. Indra Wijaya Kusuma mengungkapkan, rilis hasil QS WUR ini telah dirilis pada 9 Juni 2021 waktu Indonesia. Setidaknya, ada enam aspek utama yang dinilai dalam QS WUR, yaitu Academic Reputation, Employer Reputation, Citations per Faculty, Faculty Student Ratio, International Faculty, dan International Students.

Jika ditotal, nilai UGM secara keseluruhan mengalami peningkatan dari pemeringkatan tahun sebelumnya dari 37,4 menjadi 38,3. Pada aspek Academic Reputation, UGM mengalami peningkatan skor 6,46 persen, dari 44,9 menjadi 47,8. Demikian juga pada aspek Employer Reputation, skor UGM naik 2,78 persen dari 43,2 di pemeringkatan untuk tahun 2021 menjadi 44,4 untuk pemeringkatan tahun 2022 ini.

"Perlu diketahui bahwa pemeringkatan QS WUR tahun 2022 diumumkan tahun 2021, dan menggunakan data 2020," ungkapnya pada Rabu (9/6/2021).

2. Beberapa tantangan dihadapi saat pandemik COVID-19

UGM Kembali Sabet Gelar Universitas Terbaik Indonesia Versi QS WURUGM selenggarakan wisuda daring dan luring. Dok: Humas UGM

Indra menyebutkan, di samping kemajuan yang dialami UGM pada beberapa aspek, terdapat tantangan yang dihadapi karena force majeure. Pandemik COVID-19 tidak luput memengaruhi capaian pada QS WUR tahun 2022. Aspek International Faculty dan International Students mengalami pukulan terberat karena berbagai restriksi perjalanan dan transisi proses pendidikan menjadi hampir sepenuhnya digital sejak tahun lalu.

"Meskipun demikian, di tengah tantangan pandemi dan persaingan 1.185 universitas terpilih seluruh dunia, UGM dapat terus kompetitif pada daftar 250-an universitas terbaik. Capaian ini merupakan hasil kerja keras dari berbagai pihak," katanya.

3. Berbagai perbaikan terus dilakukan

UGM Kembali Sabet Gelar Universitas Terbaik Indonesia Versi QS WURUniversitas Gadjah Mada. (IDN Times/Siti Umaiyah)

Indra menyebutkan, UGM terus melakukan berbagai perbaikan dari sisi internal. Mulai dari menambah jumlah pengajar, mempercepat transformasi pendidikan secara digital dengan menyelenggarakan program courses untuk mahasiswa asing yang hampir seluruhnya diselenggarakan secara daring, menunjang penelitian, dan menjalin kerja sama dengan berbagai mitra baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Namun demikian, kerja sama secara sinergis antar pemangku kepentingan harus diperkuat untuk menghadapi masa depan yang semakin menantang. UGM tetap teguh pada mandatnya, yaitu bekerja untuk kemanusiaan dan pembangunan bangsa. Ranking bukan tujuan. Namun, ranking dapat memberikan informasi atas area-area yang masih memerlukan kerja keras untuk perbaikannya," paparnya.

Baca Juga: Ditutup Setahun Lebih, Belum Ada Lampu Hijau untuk Sunmor UGM

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya