UGM Buka 6.141 Kursi Bagi Mahasiswa Jenjang S2 dan S3

Gelombang kedua dibuka hingga 6 Juli 2021 

Sleman, IDN Times - Universitas Gadjah Mada (UGM) mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru jenjang S2 dan S3. Sekretaris Bidang Teknologi Informasi dan Administrasi Akademik, Direktorat Pendidikan dan Pengajaran (DPP) UGM, Sigit Priyanta menjelaskan di tahun UGM menyediakan sebanyak 6.141 kursi bagi mahasiswa baru.

1. Gelombang kedua dibuka hingga 6 Juli 2021

UGM Buka 6.141 Kursi Bagi Mahasiswa Jenjang S2 dan S3ugm.ac.id

Sigit menyampaikan saat ini penjaringan seleksi calon mahasiswa sudah memasuki tahap gelombang kedua. Gelombang pertama sudah dibuka pada 26 April hingga 17 Mei 2021 lalu. Gelombang kedua telah dibuka pada 31 Mei dan akan berakhir pada 6 Juli 2021 mendatang.

"Pendaftaran dilakukan secara online, kemudian dilakukan verifikasi dan seleksi berdasar dokumen. Di beberapa program studi ada tes substantif,” ungkapnya pada Kamis (1/7/2021).

Baca Juga: Benarkah Ivermectin Ampuh untuk Terapi COVID-19? Ini Kata Pakar UGM 

2. Pendaftaran dilakukan secara online

UGM Buka 6.141 Kursi Bagi Mahasiswa Jenjang S2 dan S3Universitas Gadjah Mada. (IDN Times/Siti Umaiyah)

Proses pendaftaran mahasiswa baru dilakukan secara online, dengan cara mengunggah berkas dokumen ijazah dan sertifikat Tes Kemampuan Bahasa Inggris dan sertifikat Tes Potensi yang masih berlaku. Berkas yang telah seleksi akan diumumkan pada 26 Juli 2021 pada pukul 22.00 WIB.

Program studi di semester gasal yang dibuka terdiri 93 Program Magister, 50 Program Doktor, 26 Prodi Spesialis dan 4 Prodi Subspesialis.

"Untuk mengetahui lebih jauh prodi yang menjadi minat dan pilihan sebelum mendaftar serta mencari informasi sumber beasiswa," katanya.

3. Berikut beberapa prodi terfavorit

UGM Buka 6.141 Kursi Bagi Mahasiswa Jenjang S2 dan S3Pokja Genetik FKKMK UGM (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Beberapa prodi terfavorit dalam tiga tahun ini meliputi Prodi Magister Manajemen, Magister Psikologi Profesi, Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Magister Kenotariatan dan Magister Ilmu Kedokteran Klinis.

Sedangkan untuk Program Doktor yakni Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, Doktor Ilmu Komputer, Doktor Ilmu Politik, Doktor Ilmu Humaniora, Doktor Teknik Elektro, Doktor Ilmu Hukum. Prodi tersebut juga memiliki tingkat persaingan yang ketat.

"Untuk mendaftar kuliah di UGM maka calon peserta membuka laman um.ugm.ac.id, dengan membuat akun pendaftaran melalui tautan: https://um.ugm.ac.id/pendaftaran. Kemudian peserta mengisi data dan mengunggah dokumen sesuai prosedur dan persyaratan yang ada di laman tersebut," paparnya.

 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya