Comscore Tracker

Tulis Surat ke Presiden, Pengungsi Merapi Berharap Jokowi Datang 

Bersama ibu, nenek, dan saudaranya Kalis mengungsi 13 hari 

Sleman, IDN Times - Kalis Nirbaya salah satu pengungsi erupsi Gunung Merapi sangat berharap Presiden Joko "Jokowi" Widodo bisa mengunjunginya saat berada di Barak Purwobinangun, Pakem Sleman.

Kalis yang saat ini duduk di bangku kelas dua SD beberapa waktu lalu sempat mengirim surat untuk Presiden Jokowi yang berisikan harapannya saat berada di dalam pengungsian.

"Harapannya diberi bantuan dan Bapak Presiden bisa ke sini. Tapi ternyata gak bisa," ungkapnya saat bersiap kembali ke rumahnya yang berada di Turgo, Purwobinangun, Pakem Sleman, Selasa (9/2/2021).

1. Mengungsi selama 13 hari

Tulis Surat ke Presiden, Pengungsi Merapi Berharap Jokowi Datang Kalis, salah satu pengungsi Merapi saat hendak pulang ke rumah masing-masing. IDN Times/Siti Umaiyah

Kalis menjelaskan dirinya sudah berada di pengungsian selama kurang lebih 13 hari bersama ibu, nenek dan saudaranya. Namun hingga hari terakhir berada di barak pengungsian, Presiden Jokowi tidak datang. 

"Surat menulis surat sendiri, harapannya bisa dibaca Bapak Presiden," katanya.

Baca Juga: 13 Hari Mengungsi, Besok Warga Lereng Merapi Pulang ke Rumah 

2. Presiden tidak bisa datang, Kalis pun merasa senang ada menteri yang datang

Tulis Surat ke Presiden, Pengungsi Merapi Berharap Jokowi Datang Menteri PPPA saat melakukan peninjauan ke Barak Purwobinangun. IDN Times/Siti Umaiyah

Meskipun Jokowi belum bisa hadir, sebagai gantinya Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga datang di hari terakhir dirinya berada di barak. 

"Menteri ke sini senang banget, dapat buku tulis, tempat pensil, mainan. Ini bisa kembali ke rumah senang. Di barak tidak terlalu senang, enak di rumah," terangnya.

3. Pastikan kondisi perempuan dan anak aman di barak

Tulis Surat ke Presiden, Pengungsi Merapi Berharap Jokowi Datang Menteri PPPA saat melakukan peninjauan ke Barak Purwobinangun. IDN Times/Siti Umaiyah

Sementara itu Menteri PPPA Bintang Puspayoga saat melakukan peninjauan ke barak Purwobinangun mengungkapkan kondisi pengungsi perempuan maupun anak mendapatkan perhatian yang sangat baik dari pemerintah setempat maupun relawan. Bintang juga mengaku sengaja datang ke barak salah satunya lantaran melihat informasi mengenai surat yang dituliskan oleh Kalis untuk Presiden Jokowi.

"Kami melihat di salah satu berita bahwa anak pengungsi yang ingin bersurat ke Presiden ingin mendapatkan bantuan, entah itu sarana belajar dan alat bermain. Makanya kita mampir ke sini," katanya.

Menurut Bintang sebagai bawahan Presiden, pihaknya melakukan tindakan cepat berkaitan dengan hal-hal yang ada di lapangan. Termasuk adanya surat yang dituliskan oleh pengungsi.

"Surat kita baru lihat dari media, kami selaku bawahan beliau tentu harus melakukan tindakan cepat berkaitan dengan kondisi di lapangan. Tidak semua harus ditindaklanjuti oleh Bapak Presiden. Itulah tugas kita selaku pembantu beliau untuk mengatasi permasalahan di lapangan," jelasnya.

 

Baca Juga: 137 Pengungsi Merapi asal Turgo Dipulangkan Serentak Hari Ini

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya