Comscore Tracker

Tingkatkan Kekebalan Tubuh dengan Berjemur di Bawah Sinar Matahari 

Durasi berjemur cukup 10-15 menit saja

Sleman, IDN Times - Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM, Prof. Madarina Julia mengungkapkan, berjemur di bawah sinar matahari bisa menjaga imunitas tubuh. Menurutnya, dengan berjemur di bawah sinar matahari, manusia bisa mendapatkan vitamin D yang berguna memperbaiki sistem imun tubuh.

1. Sistem imun merupakan pertahanan bagi tubuh

Tingkatkan Kekebalan Tubuh dengan Berjemur di Bawah Sinar Matahari Unsplash/@aiony

Madarina menjelaskan, tubuh manusia memerlukan sinar matahari untuk membantu meningkatkan produksi vitamin D di dalam tubuh. Sinar matahari menjadi sumber utama vitamin D alami, sementara hanya sedikit sekali yang berasal dari makanan. Hal ini disebabkan vitamin D memiliki efek imunomodulator yang bisa memperbaiki sistem imun tubuh.

"Sistem imun ini menjadi pertahanan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Sementara, jika tubuh kekurangan vitamin D dapat menghambat pertumbuhan dan rentan terinfeksi virus maupun bakteri," paparnya pada Rabu (1/4).

Baca Juga: Belajar di Rumah, Siswa Mengeluh Tugas Sekolah Menumpuk

2. Berjemur cukup 10-15 menit

Tingkatkan Kekebalan Tubuh dengan Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pexels/Julian Jagtenberg

Madarina mengungkapkan, waktu yang tepat untuk berjemur sendiri sekitar pukul 10.00 WIB sampai 15.00 WIB, yakni ketika bayangan tubuh lebih pendek dari tinggi badan. Sedangkan waktu yang dianjurkan untuk berjemur yakni selama 10-15 menit.

"Jangan dilakukan lebih pagi karena paparan sinar mataharinya tidak mencukupi. Di samping itu, di pagi hari kondisi udara kurang baik terutama di kota-kota besar dengan tingkat polusi tinggi. Banyak polutan seperti logam berat masih terkonsentrasi di dekat permukaan yang mencemari udara pada pagi hari," jelasnya.

3. Diusahakan kulit langsung terpapar sinar matahari

Tingkatkan Kekebalan Tubuh dengan Berjemur di Bawah Sinar Matahari pixabay.com/Pexels

Ketika berjemur, disarankan agar kulit langsung terpapar sinar matahari. Setidaknya bagian tangan dan kaki terkena sinar matahari. Agar tidak merasa bosan, saat berjemur bisa juga melakukan aktivitas lain seperti berkebun, mengangkat jemuran dan kegiatan lainnya yang bisa kontak langsung dengan sinar matahari.

"Sinar matahari tidak hanya ampuh meningkatkan imun tubuh. Namun, dalam sejumlah penelitian disebutkan bahwa paparan sinar matahari yang cukup menyebabkan virus lebih sulit bertahan di cuaca panas," jelasnya.

Baca Juga: Tim Peneliti Farmasi UGM Temukan Penangkal Virus Corona

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya