Terdampak PPKM Darurat, Tempat Jualan Hewan Kurban di Sleman Turun 

Padahal jumlah jumlah sapi kurban di Sleman cukup banyak 

Sleman, IDN Times - Jumlah tempat penjualan hewan kurban di Sleman tahun ini menurun drastis. Plt Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Suparmono mengungkapkan dari pantauan yang telah dilakukan, jumlah titik penjualan hewan kurban saat ini tidak sebanyak tahun lalu. 

1. Tahun lalu terdapat 481 titik penjualan

Terdampak PPKM Darurat, Tempat Jualan Hewan Kurban di Sleman Turun Pasar Hewan Ambarketawang. IDN Times/Siti Umaiyah

Tahun lalu diperkirakan terdapat sekitar 481 titik penjualan hewan kurban yang tersebar di 17 Kapanewon se-kabupaten Sleman. Namun, angka tersebut jauh berkurang tahun ini, lantaran pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat yang telah dimulai sejak 3 Juli 2021 lalu.

"Pasar tiban kebanyakan menyatu dengan kandang kelompok. Penjualan di pinggir jalan jauh berkurang dibanding tahun lalu," ungkapnya pada Senin (14/7/2021).

Baca Juga: Masih Tak Menentu, Ketersediaan Oksigen Bikin RS di Sleman Deg-degan 

2. Di Sleman terdapat 549 kandang ternak yang menyediakan sapi potong

Terdampak PPKM Darurat, Tempat Jualan Hewan Kurban di Sleman Turun Ilustrasi hewan kurban (ANTARA FOTO/Rahmad)

Suparmono menjelaskan sejak 31 Mei 2021, pihaknya sudah memantau dan memeriksa titik penjualan hewan kurban. Baik dari sisi fisik hewan kurban maupun asal ternak. Begitu pula di kandang kelompok ternak, sudah dilakukan pemeriksaan. Menurutnya, saat ini ada sebanyak 549 kandang kelompok ternak di Kabupaten Sleman yang menyediakan ternak sapi potong untuk kurban.

"Pemantauan di kelompok ternak ini dilakukan dengan kunjungan dan pelayanan terpadu hewan (Yanduwan) yang rutin dilakukan oleh petugas dari Pusat Kesehatan Hewan di Kabupaten Sleman, bekerja sama dengan Penyuluh Pertanian dari UPT Balai Penyuluhan Pertanian, Pangan, dan Perikanan setempat," katanya.

3. Ketersediaan hewan kurban tahun ini mencukupi

Terdampak PPKM Darurat, Tempat Jualan Hewan Kurban di Sleman Turun Ilustrasi jual beli ternak di pasar hewan.IDN Times/Siti Umaiyah

Hasil pendataan, jumlah ketersediaan hewan kurban saat ini mencukupi. Jumlah sapi terdapat sebanyak 6.409 ekor, kambing 3.349 ekor dan dan domba 7.723 ekor. Selain ditopang dari kelompok ternak yang ada di Sleman, hewan kurban di Sleman juga didatangkan dari Muntilan, Magelang, Gunungkidul, Temanggung, Wonosobo, dan Klaten.

"Kalau ketersediaan hewan untuk kurban, menurut pendataan kita ada dan mencukupi," paparnya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya