Sleman Perpanjang Status Tanggap Darurat COVID Hingga 31 Januari 2021 

Hari ini kasus baru COVID di Sleman bertambah 100 

Sleman, IDN Times - Status Tanggap darurat Bencana COVID-19 di Kabupaten Sleman diperpanjang. Hal ini disebabkan situasi pandemik COVID-19 belum berakhir. 

Bupati Sleman Sri Purnomo menjelaskan perpanjangan status tanggap darurat ini dimulai pada tanggal 1 Januari hingga 31 Januari 2021. Perpanjangan kali ini telah dilakukan sebanyak delapan kali. 

"Perpanjangan kedelapan Status Tanggap Darurat Bencana COVID-19 di Kabupaten Sleman mulai tanggal 1 Januari 2021 sampai dengan tanggal 31 Januari 2021," ungkapnya melalui keterangan tertulis yang diterima pada Selasa (29/12/2020). 

1. Dana untuk penanganan masih cukup

Sleman Perpanjang Status Tanggap Darurat COVID Hingga 31 Januari 2021 ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman Joko Supriyanto menjelaskan hingga saat ini dana darurat penanganan COVID-19 maupun Merapi masih mencukupi. Dana tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta sumber dana lain yang sah dan tidak mengikat sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Dana tanggal darurat COVID-19 atau Merapi sudah kita siapkan dan kita cukup untuk menangani hal tersebut," katanya.

Baca Juga: Ketua KPU Sleman Positif COVID-19, 87 Orang Di-tracing

2. Wisatawan bebas masuk ke Sleman asal negatif COVID-19

Sleman Perpanjang Status Tanggap Darurat COVID Hingga 31 Januari 2021 Wisata Tlogoputri di Kaliurang. IDN Times/ Siti Umaiyah

Walaupun saat ini jumlah penambahan kasus baru COVID di Kabupaten Sleman tinggi, namun Pemkab Sleman tidak melarang wisatawan dari luar daerah untuk datang ke wilayah yang berada di ujung utara Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).  

"Sebenarnya kita tidak melarang masyarakat luar untuk datang ke Sleman, namun kita batasi yang datang ke sini harus benar-benar yang bebas COVID-19, negatif maupun tidak reaktif, sehingga kita aman. Kenapa diterima wisatawan ini, sebagai upaya untuk mempertahankan perekonomian masyarakat," paparnya.

3. Hari ini kasus baru COVID di Sleman bertambah 100

Sleman Perpanjang Status Tanggap Darurat COVID Hingga 31 Januari 2021 Ilustrasi corona. IDN Times/Mardya Shakti

Jumlah kasus baru di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hari ini kembali mencetak rekor baru. Penambahan kasus COVID-19 tercatat sebanyak 282 kasus, sehingga jumlah kasus COVID-19 di DIY mencapai 11.602 kasus.

Dalam keterangan tertulisnya juru bicara Penanganan COVID-19 Pemda DIY, Berty Murtiningsih menyatakan tambahan jumlah terbanyak berasal dari Kabaupaten Sleman. 

Berdasarkan wilayah penambahan, Berty menyatakan Kabupaten Sleman menyumbang sebanyak 100 kasus. Sedangkan kasus dari wilayah lainnya: 
1. Kota Yogyakarta bertambah 86 kasus
2. Kabupaten Bantul bertambah 55 kasus
3. Kabupaten Kulon Progo bertambah 10 kasus
4. Kabupaten Gunungkidul bertambah 31 kasus

Baca Juga: Libur Natal Kala Pandemik, Okupansi Hotel di Sleman Hanya 30-40 Persen

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya