Comscore Tracker

Ringankan Beban Ekonomi Mahasiswa, UNY Siapkan 5 Skema Pembayaran UKT 

Keringanan untuk keluarga dan mahasiswa terdampak corona    

Sleman, IDN Times - Meringankan beban keluarga dan mahasiswa di saat pandemik COVID-19,  Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memberikan keringanan pembayaran biaya pendidikan atau uang kuliah tunggal (UKT) semester gasal 2020/2021.

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama, Setyo Budi Takarina,  lima  skema peninjauan UKT telah dipersiapkan yakni penurunan biaya Pendidikan/UKT karena orang tua/wali meninggal dunia, penurunan biaya Pendidikan/UKT karena usaha orang tua/wali mengalami penurunan hasil secara drastis atau bangkrut, pembebasan sementara biaya Pendidikan/UKT karena terdampak COVID-19,  pembebasan biaya Pendidikan/UKT karena pada semester genap 2019/2020 mahasiswa tidak dapat mengambil data penelitian tugas akhir, serta pembayaran biaya Pendidikan/UKT dengan cara mengangsur.

"Prosedur pengajuan sangat mudah, semuanya dapat dilakukan secara on-line melalui http://si-c3.uny.ac.id," ungkapnya pada Rabu (3/6).

1. Skema satu, penyesuaian karena terdampak COVID-19

Ringankan Beban Ekonomi Mahasiswa, UNY Siapkan 5 Skema Pembayaran UKT Pixabay.com/id/EmAji

Menurut Budi, skema satu yakni penyesuaian UKT ditujukan kepada mahasiswa yang proses tugas akhirnya terhenti karena tidak dapat melakukan pengambilan data sebagai dampak pandemik COVID-19. Untuk syarat yang harus diunggah antara lain surat permohonan penyesuaian, dan surat keterangan pembimbing TA yang diketahui WD/Wadir Bidang Akademik dan Kerjasama (secara online atau offline bagi yang sudah memiliki)

"Penyesuaian biaya pendidikan/UKT berupa pembebasan UKT semester gasal Tahun Akademik 2020/2021 atau penurunan jumlah (persentase) dari tarif biaya pendidikan non-UKT," terangnya.

Baca Juga: Kesulitan Bayar UKT Akibat COVID-19, Mahasiswa UGM Bisa Ajukan Keringanan 

2. Skema satu, pembebasan sementara

Ringankan Beban Ekonomi Mahasiswa, UNY Siapkan 5 Skema Pembayaran UKT Unsplash.com/javier trueba

Budi menjelaskan, skema dua yaitu pembebasan sementara karena dampak pandemik COVID-19 ditujukan kepada mahasiswa yang ekonominya terdampak pandemik dalam jangka waktu tertentu.

Untuk syarat yang harus diajukan yakni surat permohonan penyesuaian dan surat keterangan menurunnya kemampuan ekonomi/penghasilan di masa COVID-19 baik dari perusahaan/pemberi kerja atau pejabat yang berwenang.

"Penyesuaian biaya pendidikan/UKT berupa pembebasan UKT semester gasal tahun akademik 2020/2021 bagi UKT 1 dan UKT 2 yang memenuhi persyaratan," jelasnya.

3. Skema tiga, pembebasan biaya UKT

Ringankan Beban Ekonomi Mahasiswa, UNY Siapkan 5 Skema Pembayaran UKT https://aquilajogja.com/

Untuk skema ketiga, yakni pembebasan UKT Semester Gasal Tahun Akademik 2020/2021 ditujukan kepada mahasiswa yang proses tugas akhir terhenti karena tidak dapat melakukan pengambilan data sebagai dampak pandemik COVID-19. Untuk dokumen yang harus diunggah yaitu surat permohonan penyesuaian dan surat keterangan pembimbing TA yang diketahui WD/Wadir Bidang Akademik dan Kerjasama (secara online atau offline bagi yang sudah memiliki).

"Penyesuaian biaya pendidikan/UKT berupa pembebasan UKT semester gasal tahun akademik 2020/2021 atau penurunan jumlah (persentase tertentu) dari tarif biaya pendidikan Non-UKT," terangnya.

4. Skema empat, pembayaran angsuran karena dampak pandemik COVID-19

Ringankan Beban Ekonomi Mahasiswa, UNY Siapkan 5 Skema Pembayaran UKT idn media

Untuk skema empat, yakni pembayaran angsuran ditujukan kepada mahasiswa yang sampai dengan batas jadwal pembayaran yang telah ditentukan, belum bisa mencukupi untuk pelunasan pembayaran biaya pendidikan/UKT (maksimum 3 kali). Untuk dokumen yang diunggah, yaitu surat permohonan penyesuaian, dan surat pernyataan angsuran jumlah dan jangka waktunya.

"Penyesuaian biaya pendidikan/UKT berupa pembayaran secara angsuran maksimum 3 kali," paparnya.

5. Prosedur pengajuan

Ringankan Beban Ekonomi Mahasiswa, UNY Siapkan 5 Skema Pembayaran UKT galeri.uny.ac.id

Budi menerangkan, untuk prosedur pengajuan bagi yang masuk skema satu, dua, serta empat yakni mahasiswa mengunggah surat permohonan penyesuaian dan dokumen yang relevan secara online di http://si-c3.uny.ac.id.

Sedangkan untuk yang masuk dalam skema tiga, yakni mahasiswa mengunggah surat permohonan penyesuaian dan mengisi kemajuan tugas akhir yang disetujui pembimbing secara online di http://si-c3.uny.ac.id.

"Pengajuan untuk semua skema maksimal 2 minggu sebelum batas pembayaran terakhir," kata Budi. 

Baca Juga: Tidak Edukatif, KPI Larang Tayangan Sinetron Stripping 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya