Relawan Pendamping Belajar di Barak Merapi Wajib Tes COVID-19

1 relawan diminta lakukan isolasi mandiri

Sleman, IDN Times - Para relawan yang mendampingi belajar anak di barak pengungsian Merapi, Watuadeg harus menunjukkan surat bebas COVID-19. Kepala Plaksana Harian Unitlak Purwobinangun Nurhadi menjelaskan syarat ini dimaksudkan untuk mengantisipasi untuk tidak terjadi penularan COVID-19.

"Relawan yang datang kami minta bawa surat kesehatan bebas COVID-19," ungkapnya pada Kamis (4/2/2021).

1. Saat belajar puluhan anak mendapatkan pendampingan

Relawan Pendamping Belajar di Barak Merapi Wajib Tes COVID-19Ilustrasi belajar di rumah (IDN Times/Rochmanudin)

Nurhadi mengungkapkan barak pengungsian Watuadeg terdapat 27 pengungsi berusia 6-18 tahun dan balita usia 3-5 tahun berjumlah 7 anak. Anak-anak tersebut akan diberikan pendampingan belajar serta kegiatan Taman Pendidikan Al-Quran (TPA).

"Kalau pendamping jumlahnya gak mesti karena tidak stand by di barak," katanya.

2. 1 relawan diminta isolasi mandiri

Relawan Pendamping Belajar di Barak Merapi Wajib Tes COVID-19Tenaga kesehatan melakukan tes cepat antigen kepada pengunjung Kebun Binatang atau Bandung Zoological Garden (Bazoga), Jawa Barat, Minggu (27/12/2020). Pemerintah Kota Bandung memberikan layanan tes cepat antigen secara gratis kepada wisatawan yang mengunjungi Bazoga guna mencegah penyebaran COVID-19 selama libur Natal dan Tahun Baru 2021. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Nurhadi menjelaskan satu relawan yang sempat dinyatakan positif saat test antigen, hasil PCR menunjukkan negatif.  "Kemarin hasil swab PCR negatif, tapi kita masih meminta isolasi mandiri selama sepekan," katanya.

3. Sudah disediakan Wifi untuk mendukung belajar mengajar

Relawan Pendamping Belajar di Barak Merapi Wajib Tes COVID-19Siswa yang mengungsi di Barak Banjarsari. Dok: istimewa

Panewu Pakem Suyanto menjelaskan relawan pendamping belajar telah disiapkan dari tim Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sleman.

Sementara untuk mendukung kelancaran belajar di barak saat ini telah dipasang wifi. untuk mendukung kegiatan pendampingan belajar mengajar, saat ini di barak pengungsian telah dipasang wifi. 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya