Peserta UTBK Diimbau Jalani Tes di Kota Masing-masing

Potensi paparan COVID-19 masih ada

Sleman, IDN Times - Empat perguruan tinggi negeri (PTN) di DI Yogyakarta dijadwalkan akan menjadi lokasi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai syarat masuk PTN. Empat PTN tersebut meliputi Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY), serta Institut Kesenian Indonesia (ISI) Yogyakarta.

Wakil Ketua II Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Sutrisna Wibawa menjelaskan, seperti tahun sebelumnya, di dalam pelaksanaan UTBK tahun ini terdapat potensi peserta datang dari luar DIY. Mengingat saat ini masih ada potensi paparan COVID-19, pihaknya pun mengimbau sebisa mungkin peserta melakukan tes di daerah masing-masing.

"Kita sudah menyarankan ambil (lokasi tes) di kota masing-masing. Kalau bisa tidak ambil kota lain," ungkapnya pada Minggu (14/6).

Baca Juga: UPN Veteran Yogyakarta Siapkan 255 Komputer untuk 7.650 Peserta UTBK

1. Ada kemungkinan jumlah peserta turun

Peserta UTBK Diimbau Jalani Tes di Kota Masing-masingRektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sutrisna Wibawa. IDN Times/Daruwaskita

Sutrisna menjelaskan, di dalam pelaksanaan UTBK, LTMPT memang tidak mensyaratkan bagi peserta untuk membawa surat bebas COVID-19. Meski demikian, ada kemungkinan penurunan jumlah peserta UTBK lantaran adanya COVID-19

"Ada kemungkinan, tapi belum tahu ya. Tunggu tanggal 20 saja. Tapi ada kemungkinan ya, karena kesulitan juga. Orang juga ragu-ragu keluar kota, itu variabel yang menyebabkan penurunan," terangnya.

2. Diminta untuk taati protokol COVID-19

Peserta UTBK Diimbau Jalani Tes di Kota Masing-masingIlustrasi (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Sutrisna menjelaskan, nantinya peserta yang akan mengikuti UTBK, diminta untuk menaati semua protokol pencegahan COVID-19. Protokol tersebut di antaranya menggunakan masker, cuci tangan dan cek suhu tubuh sebelum masuk ruangan, serta menjaga jarak antarpeserta.

"PTN dimohon berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 di daerah masing-masing untuk penyesuaian pelaksanaan protokol kesehatan, sesuai kondisi masing-masing daerah. Di laman pendaftaran ada pernyataan, kalau peserta suhu badan melebihi 38°C, peserta bersedia untuk tidak mengikuti tes UTBK," katanya.

3. Panitia akan lakukan pemeriksaan sebelum peserta masuk ruangan

Peserta UTBK Diimbau Jalani Tes di Kota Masing-masingIlustrasi cek suhu tubuh. IDN Times/Aji

Sementara itu, Hendro Wijanarko, Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru UPNVY mengatakan peserta yang akan mengikuti UTBK di UPNVY diwajibkan untuk mematuhi protokol COVID-19 sesuai dengan yang ditetapkan dalam Dokumen Protokol Pelaksanaan Tugas Panitia Pusat.

Dia menjelaskan hal-hal yang harus dipatuhi oleh peserta, antara lain menggunakan masker, sarung tangan jika diperlukan, serta dipastikan dalam kondisi sehat dan melalui prosedur protokol kesehatan serta pemeriksaan COVID-19 yang dilakukan oleh panitia sebelum masuk ruang ujian.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini pihaknya juga telah mengatur sedemikian rupa agar ada jarak antarpeserta.

"Pelaksanaan UTBK terdapat perubahan pada pengaturan ruangan karena jarak antar peserta yang dibatasi. Ruang ujian kapasitasnya dikurangi setengahnya sehingga ruangan yang sebelumnya 20 peserta menjadi 10 orang per ruang ujian,” paparnya.

Baca Juga: Kalahkan 66 Universitas, UGM Jadi Kampus Terbaik Peringkat 254 Dunia

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya