Persaingan Makin Ketat, 7 SDGs UGM Mampu Tembus 50 Besar Dunia

Berdasarkan survei THE University Impact Rankings 2021

Sleman, IDN Times - Times Higher Education (THE) kembali merilis THE University Impact Rankings 2021. Di tengah persaingan yang semakin ketat, Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menembus peringkat 50 besar universitas dunia menurut hasil survei yang dirilis pada tanggal 21 April 2021.

Baca Juga: Bantu Petani, Startup Besutan Peneliti UGM Sabet Hermes Award 2020

1. Ada 5 SDGs UGM yang alami peningkatan skor

Persaingan Makin Ketat, 7 SDGs UGM Mampu Tembus 50 Besar Duniaugm.ac.id

Dari keseluruhan 17 Sustainable Development Goals (SDGs), ada 5 SGDs UGM yang mengalami peningkatan skor yang cukup signifikan dari tahun lalu. Beberapa di antaranya berhasil menembus posisi 50 besar dunia. UGM juga mampu mempertahankan 7 SDGs dalam posisi 50 besar dunia.

UGM menyumbang kontribusi yang terbaik dalam SDG 1: No Poverty (Tanpa Kemiskinan), meraih peringkat ke-16 di dunia, disusul dengan SDG 14: Life Below Water (Ekosistem Lautan) urutan ke-22, dan SDG 2: Zero Hunger (Tanpa Kelaparan) berada di urutan ke-28.

Empat SDGs yang juga menempati 50 besar dunia adalah SDG 7: Affordable and Clean Energy (Energi Bersih dan Terjangkau) urutan ke-35, SDG 15: Life on Land (Ekosistem Daratan) urutan ke-42, SDG 17: Partnership for the Goals (Kemitraan untuk Mencapai Tujuan) urutan ke-44, dan SDG 6: Clean Water and Sanitation (Air Bersih dan Sanitasi yang Layak) urutan ke-49.

2. Secara global, UGM mampu meningkatkan performa capaian skor

Persaingan Makin Ketat, 7 SDGs UGM Mampu Tembus 50 Besar Duniaugm.ac.id

Selain hal di atas, pada tahun ini THE juga menempatkan UGM pada posisi 100 besar dunia untuk 3 SDGs yaitu posisi ke-89 untuk SDG 12: Responsible Consumption and Production (Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab), posisi ke-96 untuk SDG 8: Decent Work and Economic Growth (Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi), dan posisi ke-97 untuk SDG 3: Good Health and Wellbeing (Kehidupan Sehat dan Sejahtera).

Secara umum, UGM mampu meningkatkan performa capaian skor dalam THE University Impact Rankings. Pada taraf nasional, UGM menduduki peringkat terbaik untuk SDG 3: Good Health and Well-Being (Kehidupan Sehat dan Sejahtera), SDG 10: Reduced Inequalities (Berkurangnya Kesenjangan), SDG 15: Life on Land (Ekosistem Daratan), dan SDG 16: Peace, Justice and Strong Institutions (Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh).

3. 17 SDGs ditentukan oleh PBB

Persaingan Makin Ketat, 7 SDGs UGM Mampu Tembus 50 Besar DuniaKampus Universitas Gadjah Mada (UGM). (IDN Times/Siti Umaiyah)

THE sendiri merupakan satu-satunya lembaga pemeringkatan yang mengukur kontribusi universitas-universitas di dunia. Setidaknya ada 17 SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) yang ditentukan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pada tahun 2021 ini, kompetisi dalam pemeringkatan THE semakin ketat dengan jumlah universitas yang berpartisipasi naik 44 persen dari tahun lalu yaitu dari 776 universitas menjadi 1115 universitas di dunia. Secara keseluruhan, UGM menempati posisi 83 di tingkat dunia pada pemeringkatan kali ini.

Baca Juga: Jawa-Bali Defisit Air, Pakar UGM: Kita Pakai Hak Generasi Mendatang

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya