Nekat Mendaki, Yusuf Terperosok di Tebing Bukit Plawangan Pakem

Korban mendaki melalui jalur tikus 

Sleman, IDN Times - Seorang pengunjung terperosok ke area tebing saat hendak turun dari Bukit Plawangan, Pakem, Sleman pada Minggu (15/11/2021). Komandan Pos SAR Kaliurang Kiswanta mengungkapkan saat ditemukan pengunjung dalam keadaan sendiri dan sempat tidak sadarkan diri .

1. Kronologi kejadian

Nekat Mendaki, Yusuf Terperosok di Tebing Bukit Plawangan PakemSAR Kaliurang saat mengevakuasi pengunjung yang terpelosok ke tebing. Dok: SAR Kaliurang

Kiswanta membeberkan awal mula korban mendaki ke Bukit Plawangan dilakukan secara ilegal alias tidak mengantongi izin. Korban yang diketahui Yusuf Abdullah (18) datang ke Kaliurang bersama temannya, dilanjutkan naik sendiri ke Bukit Plawangan. 

"Kemarin habis turun hujan itu kabut. Kemungkinan mau turun dia salah arah. Harusnya lurus terus tapi ambil ke kiri, jadi masuk ke aliran air. Jadi sampai ke tebing bumi perkemahan. Mungkin terperosok di sana," katanya.

Baca Juga: Merapi Masih Aktif, BPPTKG Ingatkan Puncak Gunung Diguyur Hujan Lebat 

2. Sempat tidak sadarkan diri

Nekat Mendaki, Yusuf Terperosok di Tebing Bukit Plawangan PakemSAR Kaliurang saat mengevakuasi pengunjung yang terpelosok ke tebing. Dok: SAR Kaliurang

Setelah terperosok, korban sempat tak sadarkan diri beberapa saat. Setelah tersadar, korban berteriak meminta tolong dan didengar oleh pengujung yang sedang membeli makanan di tempat penjaga bumi perkemahan yang berjarak sekitar jarak 500 meter dari lokasi kejadian.

"Ada pengunjung sedang makan dan mendengar ada teriakan, lalu dilaporkan ke penjaga bumi perkemahan. Terus dicari penjaga arah sumber suara tadi, ditemukan korban yang tergeletak di sana, bersandar pada pohon, lalu lapor tim SAR," katanya.

3. Alami robek di bagian kepala dan patah kaki

Nekat Mendaki, Yusuf Terperosok di Tebing Bukit Plawangan PakemInstagram/satpolppdiy

Laporan mengenai keadaan diterima SAR sekitar pukul 14.06 WIB, diperkirakan korban agak lama berada di tebing. Tim SAR langsung mengirimkan personel ke lokasi kejadian.

Menurut Kiswanta,  proses evakuasi korban memakan waktu disebabkan medan yang agak licin dan jarang dijamah manusia.

"Kemarin setelah dievakuasi sampai RS Panti Nugroho korban dalam kondisi sadar dan luka sobek di kepala, patah tulang tertutup di kaki sebelah kiri. Sudah kami serahkan ke pondok pesantren," jelasnya.

4. Mendaki melalui lewat jalur tikus

Nekat Mendaki, Yusuf Terperosok di Tebing Bukit Plawangan PakemInstagram/satpolppdiy

Menurut Kiswanta, dari informasi yang didapatkan, korban sudah dua kali mendaki Bukit Plawangan. Padahal menurutnya jalur di Bukit Plawangan masih ditutup oleh TNGM lantaran situasi Merapi yang masih di level siaga.

"Jadi bisa dikatakan korban menerobos. Tidak sepengetahuan petugas penjaga pintu objek wisata Tlogo Muncar. Jadi lewat pintu Tlogo Nirmolo, karena itu masih ditutup, jadi mungkin dia menerobos lewat jalur tikus," paparnya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya