Nakes RSA UGM Positif COVID-19, Dinkes Sleman Lakukan Tracing 

Beberapa Nakes di Sleman positif COVID-19

Sleman, IDN Times - Satu orang tenaga medis (nakes) dari Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM dinyatakan positif COVID-19 pada Senin (8/5).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo, mengatakan Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman mulai melakukan tracing terhadap orang-orang yang sempat berinteraksi dengan nakes yang bersangkutan. Joko menjelaskan kondisi nakes yang bersangkutan saat ini dalam keadaan baik dan tidak ada masalah secara klinis.

1. Kemungkinan tertular dari pasien

Nakes RSA UGM Positif COVID-19, Dinkes Sleman Lakukan Tracing Ilustrasi. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Menurut Joko, pihaknya belum mengetahui secara pasti sumber penularan dari nakes yang bersangkutan. Hal ini dikarenakan tracing masih belum mendapatkan hasil. Bisa jadi nakes tersebut tertular dari pasien, lantaran juga berinteraksi secara langsung dengan pasien COVID-19.

"Penularan belum diketahui, karena belum kita lakukan tracing maupun tracking, jadi kita belum tahu sumbernya. Yang jelas beliau bekerja di rumah sakit tersebut, kemungkinan tertular dari pasien juga bisa," ungkapnya pada Selasa (9/6)

Baca Juga: Pemkab Sleman Gelar Rapid Test di Pasar Tradisional, 30 Orang Di-Swab

2. Masih menjalani perawatan di RSA

Nakes RSA UGM Positif COVID-19, Dinkes Sleman Lakukan Tracing Kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo. IDN Times/Siti Umaiyah

Joko menjelaskan saat ini nakes yang bersangkutan sudah dirawat di RSA UGM. Untuk kondisinya pun tergolong baik lantaran secara klinis tidak ada masalah.

Menurut Joko, setelah dinyatakan positif, Dinkes akan mulai melakukan tracing ke RSA maupun ke keluarga nakes yang bersangkutan.

"Kondisi baik, secara klinis tidak ada masalah. Dia ikut aktif menangani (pasien COVID-19). Baru hari ini di-tracing. Sebelumnya sudah dirawat di RSA, sekarang masih dirawat di sana. Tracing kita baik ke RSA-nya maupun ke keluarganya," katanya.

3. Sudah ada beberapa nakes di Sleman yang positif COVID-19

Nakes RSA UGM Positif COVID-19, Dinkes Sleman Lakukan Tracing Ilustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Menurut, Joko hingga kini sudah beberapa nakes dari Kabupaten Sleman yang dinyatakan positif COVID-19. Beberapa di antaranya juga sudah dinyatakan sembuh.

"Jumlah nakes yang positif data pasti belum tahu. Yang jelas ada dari dokter, perawat ada. di bawah 10 (jumlahnya). Ada yang sudah sembuh," katanya.

Baca Juga: Catat, Ini 10 Lowongan Pekerjaan Terbaru di Yogyakarta untuk Sarjana

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya