Comscore Tracker

MPLS di Sleman Dimulai Hari Ini, Pembelajaran Full Daring

Hingga PPKM selesai tidak diperbolehkan mengumpulkan siswa

Sleman, IDN Times - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Kabupaten Sleman resmi dimulai hari ini, Senin 12 Juli 2021. Sama seperti tahun sebelumnya, MPLS tingkat TK, SD maupun SMP di Kabupaten Sleman diadakan melalui daring.

1. Sekolah diminta full daring

MPLS di Sleman Dimulai Hari Ini, Pembelajaran Full DaringSiswa belajar dari rumah (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Ery Widaryana mengungkapkan tahun ini MPLS diadakan secara full daring. Pihaknya telah memberikan edaran ke semua sekolah dan mewajibkan sekolah membuat Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Sudah kita berikan edaran bahwa semuanya daring dan beberapa garis besar pelaksanaan MPLS oleh bidang masing-masing. Sekolah sudah membuat SOP masing-masing," ungkapnya pada Senin (12/7/2021).

Baca Juga: Laboratorium UGM Kini Mampu Periksa 1.000 Sampel COVID-19 per Hari

2. MPLS akan diadakan selama 3 hari

MPLS di Sleman Dimulai Hari Ini, Pembelajaran Full DaringPelajar di Kelurahan Jati Rahayu manfaatkan wifi gratis untuk belajar online di aula kelurahan Jati Rahayu, Pondok Gede, Bekasi (IDN Times/Dini suciatiningrum)

Rencananya MPLS akan diadakan selama tiga hari dengan beberapa materi yang disesuaikan sesuai jenjang sekolah masing-masing. Pemberian materi pelajaran secara daring akan diberikan.

"Ada beberapa materi pokok dari kementerian dan sekolah bisa mengembangkan atau menambah disesuaikan dengan jenjang. (Daring) sampai kondisi memungkinkan dan PPKM dicabut, sambil menunggu kebijakan pemerintah," katanya.

3. Hingga PPKM selesai tidak diperbolehkan mengumpulkan siswa

MPLS di Sleman Dimulai Hari Ini, Pembelajaran Full DaringIlustrasi Sekolah dari Rumah (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala SMPN 3 Prambanan, Nurani mengungkapkan pihaknya sudah mendapatkan pemberitahuan dari Disdik tentang pelaksanaan MPLS harus diadakan secara daring. Selama MPLS, sekolah tidak boleh ada kegiatan pengumpulan siswa hingga tanggal 20 Juli 2021.

Di dalam pelaksanaannya, siswa akan dibekali beberapa materi, seperti pendidikan karakter, wawasan Wiyata Mandala, kepramukaan, kesadaran berbangsa dan bernegara, belajar efektif, pengenalan kurikulum KTSP. Tidak kalah penting, para siswa juga akan diajarkan mengenai pentingnya taat prokes saat pandemik COVID-19.

"Materi yang penting untuk menyadarkan siswa dan orang tua untuk taat prokes, bekerja sama dengan sekolah untuk pembelajaran jarak jauh. Selain materi MPLS seperti biasanya," paparnya.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya