Mahasiwa UGM Sulap Belatung Menjadi Bahan Makanan Kucing    

Pakan kucing dari belatung dijual dengan merek Got Meat 

Sleman, IDN Times - Sekelompok mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil menyulap larva lalat atau belatung Maggot Black Soldier fly (BSF) menjadi makanan kucing yang berprotein tinggi.

1. Belatung sering dianggap hewan yang menjijikkan

Mahasiwa UGM Sulap Belatung Menjadi Bahan Makanan Kucing    Pixabay/skeeze

Iqbal mengatakan selama ini belatung sering dianggap sebagai hewan yang menjijikkan. Padahal hewan ini bisa dimanfaatkan sebagai sesuatu yang bermanfaat karena memiliki protein tinggi, salah satunya untuk bahan pembuatan pakan kucing.   

"Bagi sebagian orang, larva lalat atau belatung sering dianggap sebagai hewan yang menjijikkan yang biasa ditemukan di tempat sampah," ungkapnya pada Senin (29/11/2021).

Baca Juga: Manfaatkan Limbah Sampah, Mahasiwa UGM Sulap Plastik Jadi Speaker    

2. Larva lalat mengandung protein tinggi

Mahasiwa UGM Sulap Belatung Menjadi Bahan Makanan Kucing    unsplash.com/gabrielmanlake

Berdasarkan hasil penelitian Mira Tsurayya Masruroh, Iqbal Wahdan Salsabil, Fariz Jordan Fadillah, dan Dina Puspitasari, larva lalat BSF mengandung protein sebanyak 31,6 persen, lemak sebanyak 16,7 persen dan serat 2,9 persen serta kadar air 5 persen. Iqbal menjelaskan larva lalat BSF diolah menjadi tepung yang selanjutnya diolah menjadi pakan kucing dengan merek Got Meat.

Selain kaya akan gizi,  pakan hewan ini diolah dengan berbagai varian seperti ikan mackerel, ayam dan sayuran yang menyasar tingkatan usia kucing.

“Got Meat hadir sebagai solusi pakan kucing yang memiliki kandungan protein tinggi, namun tetap terjangkau serta mampu meningkatkan kesejahteraan petani lokal,” katanya.

3. Mayoritas produk pakan kucing di pasaran didominasi industri asing

Mahasiwa UGM Sulap Belatung Menjadi Bahan Makanan Kucing    Pixabay.com/ArtTower

Iqbal memaparkan saat ini banyak masyarakat rela merogoh kantong dalam untuk mencukupi kebutuhan pakan. Namun hampir produk pakan kucing di pasaran saat ini didominasi oleh industri asing. Adanya inovasi yang dilakukan mahasiswa UGM, diharapkan masyarakat memiliki pilihan pakan kucing yang berkualitas dan terjangkau.

“Harganya juga cukup terjangkau, Got Meat juga dikemas rapi dengan menggunakan ziplock serta pengamanan ganda melalui sealer sehingga mampu menjaga kualitas produk tetap baik dalam jangka waktu yang lebih lama,” paparnya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya