Mahasiswa Kuliah Online, UNY Mulai Lakukan Penyemprotan Desinfektan

Penyemprotan akan dilakukan di seluruh gedung 

Sleman, IDN Times - Untuk mencegah penyebaran Covid-19, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melakukan penyemprotan cairan disinfektan di bagian Gedung Rektorat, Jumat (20/3). Penyemprotan dipimpin langsung oleh Rektor UNY Prof. Sutrisna Wibawa,  rencananya juga akan dilakukan di setiap sudut kampus UNY.

1. Penyemprotan dilakukan berkala

Mahasiswa Kuliah Online, UNY Mulai Lakukan Penyemprotan DesinfektanDok: Humas UNY

Wakil Rektor Bidang Umum Dan Keuangan Prof. Edi Purwanta menjelaskan, penyemprotan desinfektan di setiap sudut UNY akan dilakukan secara berkala, yakni pada Jumat, Sabtu hingga Minggu (22/3). Menurutnya, setelah disemprot, ruangan akan dikosongkan dalam waktu 3 hingga 6 jam sebelum digunakan kembali.

"Pada hari ini gedung yang disemprot disinfektan adalah Gedung Rektorat. Sedangkan untuk fakultas dan unit lain akan dilakukan pada Sabtu dan Minggu besok," paparnya dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (20/3).

Baca Juga: Begini Cara Mahasiswa UNY Buat Sabun Cuci Tangan dari Daun Jambu Air

2. Staf dilatih untuk lakukan penyemprotan

Mahasiswa Kuliah Online, UNY Mulai Lakukan Penyemprotan DesinfektanDok: Humas UNY

Edi menerangkan, dalam melakukan penyemprotan disinfektan ini, UNY mengandalkan tenaga profesional dari instansi kesehatan. Nantinya, untuk kegiatan penyemprotan disinfektan di fakultas, akan dikoordinasikan oleh Kasubag UKP dengan tenaga dari staf subag UKP.

"Untuk itu para Kasubag UKP dan staf sudah dilatih dan akan melakukan penyemprotan sesuai jadwal yang berlaku," katanya.

3. Kondisi kampus lengang permudah penyemprotan

Mahasiswa Kuliah Online, UNY Mulai Lakukan Penyemprotan DesinfektanIDN Times/Daruwaskita

Sementara itu, Prof. Sutrisna Wibawa, Rektor UNY, menjelaskan penyemprotan ini bertujuan untuk menghilangkan resiko virus Corona bagi civitas akademik. Menurutnya, kondisi kampus yang lengang, lantaran seluruh mahasiswa dan dosen menyelenggarakan kuliah secara online, membuat proses penyemprotan menjadi lebih mudah.

“Walaupun penyemprotan telah berlangsung, instruksi kami kepada civitas tetap, agar perkuliahan dilakukan secara online hingga 30 April 2020. Biarkan sementara ini, kami (pimpinan dan staf) yang bekerja di kampus untuk anda,” terangnya.

Baca Juga: 10 Meme Kalau Kuliah Online Ini Kacau Banget Kocaknya

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya