Kronologi Kecelakaan yang Menimpa Dekan Fakultas Peternakan UGM

Prof. Gede dalam perjalanan mengurus visa bersama rombongan

Sleman, IDN Times - Dekan Fakultas Peternakan (Fapet) Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. I Gede Suparta Budisatria meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan di Tol Cipali-Cikampek Km 113.

Prof. Gede sendiri diketahui bersama rombongan dari Fapet UGM, yakni Prof Ali Agus yang merupakan mantan Dekan Fapet UGM, Dr. Chusnul Hanim Dosen Fapet, dan Jumali Tenaga Kependidikan Fapet, sedang menuju Jakarta untuk mengurus wawancara visa.

Baca Juga: Kecelakaan Tunggal, Dekan Fakultas Peternakan UGM Meninggal Dunia

1. Perjalanan dilakukan dengan mobil dinas Fapet

Kronologi Kecelakaan yang Menimpa Dekan Fakultas Peternakan UGMFakultas Peternakan UGM. Dok: fapet.ugm.ac.id

Bambang Suwignyo, Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kerja Sama Fapet UGM, menjelaskan rombongan Fapet ini berangkat dari Yogyakarta ke Jakarta pada Rabu (3/11/2021) pukul 18.00 WIB dengan menggunakan kendaraan dinas Fapet, yakni Toyota Innova AB 1969 PY.

Tujuan perjalanan ini untuk melakukan wawancara visa di Visa Facilitation Services Global Kuningan City Mall Lantai I JI. Dr. Satrio Jakarta pada Kamis, 4 November 2021.

"Visa rencana akan digunakan untuk perjalanan dinas ke Belanda pada 22 November 2021," ungkapnya pada Kamis (4/11/2021).

Dia menjelaskan, alasan perjalanan ke Jakarta ini dilakukan dengan dinas Fakultas Peternakan dikarenakan penggunaan transportasi umum tidak memungkinkan, atau jadwal tidak ada yang sesuai dengan itinerary rombongan Dekan Fapet UGM.

2. Kecelakaan pada Kamis dini hari

Kronologi Kecelakaan yang Menimpa Dekan Fakultas Peternakan UGMIlustrasi Kecelakaan Kendaraan. (IDN Times/Aditya Pratama)

Menurut Bambang, informasi yang dihimpun dari Jasa Marga kecelakaan para rombongan ini terjadi pada pukul 01.18 WIB. Di mana kendaraan para rombongan melintas dari arah Timur menuju Barat. Sesampainya di km 113+...B kendaraan menabrak kendaraan lain yang berada di depannya (nihil identitas). Posisi akhir kendaraan normal menghadap Barat di bahu luar.

"Semua penumpang mobil dievakuasi ke RSU Abdul Radjak Purwakarta. Prof. Gede Suparta Budisatria, mengalami luka berat dan meninggal. Prof. Ali Agus, Dr. Chusnul Hanim, dan Bapak Jumari mengalami luka ringan," katanya.

3. Disemayamkan di Balairung UGM

Kronologi Kecelakaan yang Menimpa Dekan Fakultas Peternakan UGMHumas UGM

Bambang menjelaskan, selanjutnya untuk jenazah Prof. Gede dibawa ke Yogyakarta dengan ambulance pada pukul 08.23 WIB dari Purwakarta dan diperkirakan tiba di Yogyakarta pada pukul 15.00 WIB. Nantinya, jenazah akan disemayamkan di Balairung Universitas Gadjah Mada dan dimakamkan di Makam UGM Sawit Sari.

"Atas kesepakatan keluarga, Prof Ali Agus dan Dr. Chusnul Hanim dipindahkan ke rumah sakit di Jakarta Timur untuk perawatan lebih lanjut," paparnya.

Baca Juga: UGM Telusuri Dugaan Kekerasan Seksual yang Dilakukan Mahasiswa S2

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya