Kejar Target Vaksinasi, Sleman Percepat Penerbitan NIK ODGJ dan Napi 

Ada ratusan ODGJ di Sleman yang belum miliki NIK

Sleman, IDN Times - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman mempercepat penerbitan dokumen dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP bagi ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) dan penghuni lapas yang belum memiliki NIK. Upaya tersebut dilakukan untuk salah mengejar target vaksinasi COVID-19 bagi ODGJ dan penghuni lapas.

1. Ada ratusan ODGJ yang belum miliki NIK

Kejar Target Vaksinasi, Sleman Percepat Penerbitan NIK ODGJ dan Napi Ilustrasi petugas mendata KTP elektronik (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)

Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Sleman Raden Rara Endang Mulatsih menjelaskan dari data yang sudah masuk di Disdukcapil Sleman, setidaknya terdapat 250 ODGJ yang belum memiliki NIK. Jumlah tersebut berasal dari salah satu balai rehabilitasi sosial yang ada di DIY. Belum ditambah nama ODGJ yang berasal dari balai lainnya yang saat ini belum disetorkan datanya.

"Dari 250 tersebut, ada 100 ODGJ sudah dilakukan perekaman. Kami masih ada pekerjaan sekitar 150 yang belum punya NIK," ungkapnya pada Senin (13/9/2021).

2. Penerbitan NIK bukan perkara sederhana

Kejar Target Vaksinasi, Sleman Percepat Penerbitan NIK ODGJ dan Napi ANTARA FOTO/Seno

Proses perekaman dokumen kependudukan bagi para ODGJ ini bukan perkara yang sederhana. Endang menjelaskan data dari masing-masing ODGJ tidak diketahui dengan pasti. Seperti nama orangtua, tanggal lahir, dan yang lainnya.

Sleman menargetkan akhir September 2021 mengusahakan perekaman dokumen kependudukan bagi ODGJ di Sleman telah selesai dilakukan.

"Untuk kelompok rentan terutama ODGJ banyak data yang memang kosong. Karena latar belakang sebelumnya memang di jalan, terus masuk base camp. Karena kondisi psikologis tidak ingat apa-apa, sehingga tidak tahu (data)," terangnya.

Baca Juga: ODGJ di Bantul Mulai Vaksinasi, Nakes Siap Datang ke Rumah   

3. Percepatan perekaman NIK jga untuk warga binaan

Kejar Target Vaksinasi, Sleman Percepat Penerbitan NIK ODGJ dan Napi Suasana Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa barat (IDN Times/Aryodamar)

Selain mempercepat perekaman NIK bagi para ODGJ, Disdukcapil Sleman melakukan upaya percepatan perekaman NIK bagi warga binaan di dua lapas yang ada di Sleman. Data awal yang masuk dari salah satu lapas terdapat sekitar 30 warga binaan yang belum memiliki NIK.

"Ini masih menunggu lapas yang Pakem, biasanya agak banyak. Belum tahu jumlahnya," paparnya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya