Jalur Prestasi UGM 2021 Telah Dibuka, Bagaimana Cara Daftarnya? 

Ada empat jalur prestasi yang bisa dipilih, nih

Sleman, IDN Times - Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali membuka pendaftaran jalur prestasi bagi calon mahasiswa baru jenjang S1 untuk tahun 2021. Direktur Pendidikan dan Pengajaran UGM, Sri Peni Wastutiningsih menjelaskan, ada beberapa ragam jalur prestasi yang telah disiapkan.

Lalu apa saja jalur prestasi tersebut dan bagaimana cara daftarnya? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Persaingan Makin Ketat, 7 SDGs UGM Mampu Tembus 50 Besar Dunia

1. Beberapa pilihan jalur prestasi yang ditawarkan

Jalur Prestasi UGM 2021 Telah Dibuka, Bagaimana Cara Daftarnya? PPSMB UGM 2020 yang diadakan secara daring. Dok: Humas UGM

Peni mengungkapkan, jalur prestasi tersebut terdiri dari PBUK (Penelurusan Bibit Unggul Kemitraan), PBUB (Penelurusan Bibit Unggul Berprestasi), PBUTM (Penelurusan Bibit Unggul Tidak Mampu), dan PBUSMAK (Penelusuran Bibit Unggul Sekolah Menengah Atas, Madrasah Aliyah, dan Kejuruan Sekolah Vokasi).

Untuk jalur PBUK, UGM telah bermitra dengan banyak institusi baik institusi negeri maupun swasta. Untuk jalur PBUB ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang memiliki keunggulan keilmuan dan sempat mengikuti olimpiade seperti olimpiade kimia, geografi, fisika, biologi dan lain sebagainya. Di jalur PBUP ini juga ada PBOS (Penelurusan Bidang Olahraga dan Seni), yang diperuntukkan bagi siswa-siswi yang mempunyai prestasi di bidang Olahraga dan Seni.

Berkenaan dengan jalur PBUTM ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian UGM terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi kurang beruntung.

“Sampai saat ini kebijakannya setiap siswa-siswi hanya bisa mendaftar satu jenis jalur prestasi saja. Proses seleksinya bareng-bareng, jadi adik-adik diminta memilih salah satu saja, misal memilih PBUB, PBOS, atau PBUK saja,” ungkapnya pada Kamis (29/4/2021).

2. Beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi

Jalur Prestasi UGM 2021 Telah Dibuka, Bagaimana Cara Daftarnya? Dok. Humas UGM

Peni menjelaskan, untuk bisa mengikuti jalur prestasi ini, ada beberapa persyaratan umum maupun khusus yang harus dipenuhi. Untuk persyaratan umum di antaranya, pertama hanya diperuntukkan untuk WNI sehingga khusus jalur ini tidak ada warga negara asing. Kedua jalur prestasi ini hanya diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang lulus pada tahun 2021, kecuali untuk yg bidang olahraga boleh lulusan tahun lalu.

Lalu, calon mahasiswa mempunyai nilai rapor dari semester 1-5 baik dari SMA, SMK, maupun madrasah. Untuk SMK yang programnya 4 tahun, rapor yang diserahkan adalah dari semester 1-7.

"Nilai rapor tersebut harus di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dan yang mengikuti jalur prestasi adalah 25 persen terbaik di kelasnya," katanya.

3. Persyaratan khusus diantaranya

Jalur Prestasi UGM 2021 Telah Dibuka, Bagaimana Cara Daftarnya? ugm.ac.id

Untuk persyaratan khusus yang harus dipenuhi diantaranya, dalam jalur PBUTM terdapat syarat penghasilan orang tua tidak lebih dari 4 juta/bulan dan orang tuanya paling tinggi lulus Diploma dan S1. Untuk pendaftar klaster seni bidang orkestra/seni musik/paduan suara/seni suara harus dapat membaca partitur. Pendaftar jalur PBUK harus melampirkan Surat Rekomendasi dari mitra, dan lain sebagainya.

"Ada beberapa syarat khusus di setiap jalurnya, sudah ditulis lengkap di um.ugm.ac.id,” paparnya.

Lebih lanjut, Peni berharap, bagi yang mendaftar jalur prestasi, prestasi yang didapatkan paling rendah adalah juara 1 dan 2 di tingkat provinsi, juara 1,2,3 tingkat nasional, maupun finalis tingkat internasional. Lembaga yang melakukan kompetisi juga harus lembaga yang kredibel karena akan ditelusuri lebih lanjut.

4. Syarat dan prosedur pendaftaran Jalur Prestasi UGM 2021

Jalur Prestasi UGM 2021 Telah Dibuka, Bagaimana Cara Daftarnya? Laman prosedur pendaftaran jalur prestasi UGM 2021. (Tangkapan layar um.ugm.ac.id)

Untuk informasi lebih lanjut terkait persyaratan, prosedur, dan kelengkapan dokumen, serta jadwal seleksi Jalur Prestasi UGM 2021, kamu bisa mengakses laman:

https://um.ugm.ac.id/jalur-prestasi-tahun-2021/

Di sana dijabarkan secara rinci syarat dan prosedur pendaftaran jalur prestasi untuk masing-masing jalur secara terpisah.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu juga dapat menghubungi hotline 0857-0955-9730, 0851-5635-8683 dan media sosial resmi Admisi UGM, @admisiugm.

Baca Juga: 54,2 Persen Mahasiswa UGM Minati Kuliah Luring Dipadukan Daring 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya