Hanya Sleman, Kabupaten Peraih Natamukti Nindya Ganaprava 2021 

Sleman dinilai berhasil kembangkan UMKM  

Sleman, IDN Times - Kabupaten Sleman berhasil berhasil meraih penghargaan bergengsi dari organisasi International Council for Small Businnes (ICSB) bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. 

Natamukti Nindya Ganaprava merupakan penghargaan yang diberikan kepada kota atau kabupaten yang menjadi pemenang Natamukti tahun sebelumnya dan berhasil mempertahankan kinerjanya. Kabupaten Sleman dinilai mampu mengulang kesuksesan dan dinobatkan sebagai satu-satunya kabupaten yang berhasil meraih Natamukti Nindya Ganaprava 2020.

1. Dinilai berhasil mengembangkan UMKM

Hanya Sleman, Kabupaten Peraih Natamukti Nindya Ganaprava 2021 IDN Times/Dhana Kencana

Penghargaan ini diberikan lantaran Kabupaten Sleman dinilai berhasil mempertahankan prestasinya dalam mengembangkan UMKM melalui sekolah pasar bagi pelaku usaha mikro pasar rakyat. Melalui sebuah inkubator kewirausahaan yang sangat inovatif dengan melibatkan influencer, komersial maupun potensial serta pelaku usaha muda sukses.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengungkapkan, penghargaan ini merupakan buah dari kerja sama seluruh pihak dan pelaku UMKM di Sleman dalam mengembangkan program yang telah direncanakan.

"Tentu pencapaian yang besar. Ini bisa terwujud dari kerja sama apik kita, baik itu pemerintah dan pelaku UMKM sendiri. Tanpa adanya kerja sama dan semangat untuk maju bersama, penghargaan ini tidak mungkin bisa diraih," ungkapnya pada Kamis (9/12/2021).

Baca Juga: Gegara Klaster Indekos dan PTM, 19 Kalurahan Sleman Jadi Zona Merah   

2. Berhasil memaksimalkan peran pelaku usaha

Hanya Sleman, Kabupaten Peraih Natamukti Nindya Ganaprava 2021 Foto hanya ilustrasi UMKM. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Menurut Bupati, penghargaan ini diterima lantaran Kabupaten Sleman dinilai berhasil memaksimalkan peran dari pelaku usaha, komunitas usaha, keterlibatan pemerintah dalam pembinaan, keterlibatan akademis dalam rangka membantu mempertajam peningkatan mutu dan keterlibatan anak-anak muda serta media.

"Utamanya di masa pandemik ini, pemerintah tidak hanya berpangku tangan. Tapi kita terjun langsung dalam membantu UMKM agar semakin kreatif dan memanfaatkan digitalisasi. Serta nilai utama yang selalu saya tekankan kepada pelaku wirausaha adalah mutu produk itu harus selalu dijaga," terangnya.

3. UMKM didorong bisa bersaing secara online maupun offline

Hanya Sleman, Kabupaten Peraih Natamukti Nindya Ganaprava 2021 Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. (Dok. Humas Pemkab Sleman)

Lebih lanjut, Kustini menjelaskan pihaknya telah mendorong agar produk UMKM bisa bersaing secara online maupun offline. Salah satunya dengan memasarkan produk UMKM melalui ratusan gerai toko modern yang ada di Kabupaten Sleman.

"Kerja sama dengan ratusan gerai indomart agar menampung juga ratusan produk UMKM lokal kita. Selain itu, kita memiliki gedung Dekranasda sebagai showroom produk UMKM. Ke depan saya ingin mendorong pemerintah desa juga bisa berkreasi mengembangkan UMKM. Bisa dengan membangun showroom atau kegiatan dengan melibatkan UMKM yang tentunya skalanya luas," paparnya.

 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya