Hanya Gelar Tahap I, UTBK di UGM Diikuti 15.307 Peserta

Diatur dengan ketat agar tidak menimbulkan kerumuman

Sleman, IDN Times - Tahun ini, Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menjadi salah satu lokasi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Setidaknya terdapat 15.307 peserta yang mengikuti UTBK di UGM.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno menjelaskan, Tes UTBK ini terdiri dari 2 tahap, yaitu Tahap I dari 5-14 Juli dan Tahap II dari 20-29 Juli. Sedangkan UGM, hanya menyelenggarakan Tahap I.

Baca Juga: Digelar 5 Juli, 95 Persen Peserta UTBK Sudah Cetak Kartu Peserta

1. UGM menyiapkan 52 ruangan

Hanya Gelar Tahap I, UTBK di UGM Diikuti 15.307 PesertaPelaksanaan UTBK di UGM. Dok: Humas UGM

Djagal menjelaskan, setidaknya ada 14 lokasi dengan 52 ruang yang disiapkan bagi peserta UTBK. Setiap harinya, ada 2 sesi ujian, yaitu sesi 1 pukul 09.00-11.15 WIB dan sesi 2 dari pukul 14.00-16.15 WIB. Kecuali hari Jumat, hanya ada 1 sesi.

Menurut Djagal, pelaksanaan UTBK di UGM sangat ketat dan dirancang agar tidak menimbulkan kerumunan, jaga jarak, dan menggunakan masker. Peserta setiap sesi sekitar 870 orang dan tersebar dalam 14 lokasi dalam 52 ruang sehingga tiap lokasi hanya akan melayani rata rata sekitar 70 orang.

"Dari jumlah itu terdapat peserta tuna daksa yang mengikuti ujian bertempat di Ruang B dan C Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB). Para peserta ini akan mengikuti UTBK di 14 lokasi dalam 52 ruang yang telah disiapkan," ungkapnya pada Minggu (5/7).

2. Hanya berupa TPS

Hanya Gelar Tahap I, UTBK di UGM Diikuti 15.307 PesertaPelaksanaan UTBK di UGM. Dok: Humas UGM

Sehubung dengan adanya COVID-19, maka tes UTBK Tahun 2020 hanya berupa Tes Potensi Skolastik (TPS). TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Selain itu, pelaksanaannya pun relatif singkat, hanya 105 menit.

“Karena pandemi ini ada pengurangan sesi menjadi dua sesi per hari dan waktu pelaksanaan tes relatif singkat 105 menit,” terangnya.

3. UGM Terapkan protokol COVID-19

Hanya Gelar Tahap I, UTBK di UGM Diikuti 15.307 PesertaPelaksanaan UTBK di UGM. Dok: Humas UGM

Menurut Djagal, di dalam pelaksanaan UTBK, UGM telah menerapkan standar dan protokol kesehatan bagi para peserta. Selain dicek suhu sebelum memasuki ruangan, para peserta juga diharuskan untuk membawa surat keterangan sehat dari dokter yang memiliki surai izin praktik (SIP) atau dari fasilitas layanan kesehatan.

“Semua dilakukan dengan pengawalan Satgas COVID-19 UGM sesuai protokol kesehatan,” paparnya.

Baca Juga: Tak Wajib Rapid Test, Peserta UTBK di Sleman Harus Bawa Surat Sehat

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya