Dishub Sleman dan DIY Siapkan Empat Pos Pantau Jelang Libur Nataru

Satpol PP juga kerahkan personel

Sleman, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sleman dan Dishub DI Yogyakarta akan menyiapkan empat pos pemantauan jelang libur Natal dan Tahun Baru. Plt Kepala Dishub Kabupaten Sleman, Arip Pramana, menjelaskan pos pantau tersebut berada di Tempel, Gamping, Prambanan, dan Denggung.

"Untuk posko, berada di pintu masuk DIY. Karena masuknya lewat Sleman, maka poskonya di Tempel, Prambanan, Gamping. Sleman akan fokus di sekitaran Denggung," ungkapnya pada Jumat (18/12/2020).

Baca Juga: Bupati Sleman Minta Momen Libur Nataru Hening Seperti Idulfitri

1. Pos diaktifkan mulai 23 Desember

Dishub Sleman dan DIY Siapkan Empat Pos Pantau Jelang Libur NataruPlt Kepala Dishub Kabupaten Sleman, Arip Pramana. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Arip, pengaktifan pos pantau ini akan dimulai pada 23 sampai 27 Desember 2020. Lalu, pada tahun baru pos ini juga akan diaktifkan. Menurut Arip, di dalam melakukan pemantauan, pihaknya akan melibatkan Satpol PP Sleman, Dinas Kesehatan Sleman, dan PMI Sleman.

"Kalau kami tugasnya memastikan lalu lintas lancar, tidak ada hambatan-hambatan samping saat teman-teman mudik. Jadi nanti ketika ada hambatan samping, nanti itu menjadi tugas Satpol PP. Kami juga koordinasi dengan Dinkes dan PMI, sehingga ada tim medis juga, on call," terangnya.

2. Protokol kesehatan juga jadi titik perhatian

Dishub Sleman dan DIY Siapkan Empat Pos Pantau Jelang Libur NataruWarga beraktivitas menggunakan masker di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Senin (2/3/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta/ama)

Bukan hanya lalu lintas, Dishub juga akan melakukan pemantauan terkait penerapan protokol kesehatan. Arip menghimbau agar setiap orang, baik warga Sleman maupun wisatawan bisa mematuhi protokol kesehatan dengan baik.

"Tetap nanti monitoring. Kendaraan bus kita lakukan pengecekan dari sisi kelaikan kendaraan pengemudi dan prokes," terangnya.

3. Satpol PP kerahkan 30 personel untuk keliling

Dishub Sleman dan DIY Siapkan Empat Pos Pantau Jelang Libur NataruSatpol PP Sleman saat melakukan operasi masker di kawasan Kaliurang. Dok: Satpol PP Sleman

Sementara itu Plt Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sleman, Susmiarto menerangkan, pada saat libur Nataru, pihaknya akan mengerahkan sebanyak 30-an personel untuk melakukan pemantauan keliling. Utamanya di lokasi-lokasi yang berpotensi keramaian dan tempat wisata.

Nantinya, personel keliling ini akan melakukan pengecekan terhadap kepatuhan pemudik maupun wisatawan berkaitan dengan protokol kesehatan.

"Ada 30an personel nanti, kami mobile (berkeliling)," paparnya.

Baca Juga: Dishub Sleman Siapkan Beberapa Langkah Antisipasi Momen Nataru

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya