Dinkes di DIY Buat Posko Terpadu Pencegahan COVID-19, Catat Nomornya!

Posko ini berada di sejumlah titik di Yogyakarta

Yogyakarta, IDN Times - Sebagai upaya pencegahan dan pusat informasi mengenai virus corona, Dinas Kesehatan DIY, maupun Dinkes Kota Yogyakarta dan Dinkes Sleman bersama dengan instansi terkait membuat Posko Terpadu Pencegahan dan Penanganan Pandemi COVID-19.

Posko tersebut nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mencari informasi serta meminta bantuan berkenaan dengan penanganan COVID-19.

Baca Juga: Sultan HB X Sebut Seorang Pasien di Yogyakarta Positif Corona

1. Posko offline dan online Dinkes DIY

Dinkes di DIY Buat Posko Terpadu Pencegahan COVID-19, Catat Nomornya!dinkes.jogjaprov.go.id

Bagi masyarakat yang memerlukan informasi mengenai COVID-19, khususnya di wilayah DIY, atau bahkan membutuhkan pertolongan terkait corona, bisa menghubungi petugas posko melalui nomor 0274-555585 atau 08112764800. Selain itu, masyarakat juga bisa secara langsung mendatangi posko yang berlokasi di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY.

"Posko ada di kantor BPBD," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DIY, Berty Murtiningsih pada Minggu (15/3).

Selain nomor di atas, guna memperoleh informasi yang valid mengenai perkembangan COVID-19, masyarakat bisa mengakses situs infeksiemerging.kemkes.go.id.

2. Dinkes Kota Yogyakarta buat Pos COVID-19 di beberapa lokasi

Dinkes di DIY Buat Posko Terpadu Pencegahan COVID-19, Catat Nomornya!(Ilustrasi) Seorang petugas Angkasa Pura I saat mensimulasikan pemeriksaan penumpang pesawat dengan pemindai suhu tubuh. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Sementara itu, Pemerintah kota Yogyakarta juga telah mendirikan pos COVID-19 di beberapa titik. Titik tersebut yakni di stasiun, Lempuyangan dan Yogyakarta, terminal bus Giwangan dan tempat parkir bus pariwisata, baik di Abu Bakar Ali, Senopati, maupun di Serangan.

Menurut Heroe Poerwadi, Wakil Wali Kota Yogyakarta, pos tersebut dibuat untuk memantau dan mengantisipasi COVID-19. Dia menjelaskan, pos-pos tersebut mulai diaktifkan pada Sabtu (14/3).

"Tempat-tempat itu merupakan titik pertemuan masyarakat. Di sana akan dilakukan pengecekan terhadap orang yang masuk ke Kota Yogyakarta," katanya.

3. Posko COVID-19 di Dinkes Sleman

Dinkes di DIY Buat Posko Terpadu Pencegahan COVID-19, Catat Nomornya!Posko Covid-19 di Bandara Internasional Adisutjipto. IDN Times/Siti Umaiyah

Sementara itu, Joko Hastaryo, Kepala Dinkes Sleman menjelaskan, saat ini pihaknya telah membuat posko COVID-19 yang berlokasi di Dinas Kesehatan Sleman. Di posko tersebut, nantinya masyarakat bisa meminta bantuan maupun informasi mengenai COVID-19.

Selain posko, saat ini pihaknya juga akan membuat satuan/gugus tugas antisipasi COVID-19 yang dikoordinatori oleh Bagian Humas Setda dan Dinas Kominfo, dengan narasumber dari Dinas Kesehatan.

"Dinas Kesehatan dalam melakukan kegiatan promotif, preventif dan antisipatif membuat berbagai informasi untuk dipublikasikan ke masyarakat. Bentuknya antara lain menyusun SOP penanganan pasien, materi ke masyarakat mengenai upaya preventif dan antisipatif," paparnya.

Baca Juga: Ada 21 Kasus Baru, Pasien Positif Virus Corona Jadi 117 Orang

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya