Antusiasme Tinggi, 170 Orang Ikuti Pendaftaran Calon Kades di Sleman

Pemilihan akan diselenggarakan serentak pada 29 Maret 2020

Sleman, IDN Times - Pemilihan Kepala Desa di Sleman akan diselenggarakan serentak pada 29 Maret 2020. Setidaknya akan ada 49 desa di Kabupaten Sleman yang akan mengikuti Pilkades serentak.

Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan dan Aparatur Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sleman, Agung Endarto menyebutkan, pada Pilkades kali ini, antusiasme masyarakat untuk mendaftarkan diri sebagai Calon Kepala Desa (Cakades) cukup tinggi. Hal ini terbukti dengan adanya 11 orang yang mendaftarkan diri sebagai Cakades di satu desa.

Baca Juga: Adik Sepupu Paku Alam X Bakal Ramaikan Pilkades Desa Caturtunggal 

1. Ada 6 desa dengan pendaftar lebih dari 5 orang

Antusiasme Tinggi, 170 Orang Ikuti Pendaftaran Calon Kades di SlemanANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Agung menyebutkan, pendaftar Cakades di Sleman sendiri cukup tinggi. Yang mana ada 6 desa yang memiliki pendaftar lebih dari 5 orang. Bahkan ada satu desa pendaftarnya berjumlah 11 orang. Namun, tidak semuanya bisa lolos ke tahap selanjutnya.

"Ada 1 desa yang mulanya 9 calon, hanya lolos 5 di tahap administrasi. Tapi ada juga beberapa desa yang mana Cakades sebelumnya sudah mendapat kepercayaan besar dari masyarakat, membuat pendaftar lain takut untuk mendaftar," katanya pada Rabu (26/2).

2. Menggunakan konsep E-Voting

Antusiasme Tinggi, 170 Orang Ikuti Pendaftaran Calon Kades di SlemanANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Agung mengungkapkan, berbeda dengan Pilkades sebelumnya, pada Pilkades tahun ini pihaknya telah menggunakan konsep e-voting. Untuk persiapan e-voting sendiri sampai saat ini sedang dimatangkan.

"Kita tinggal membuat surat suara elektronik. Karena ambil undian nomor urut kan masih tanggal 14 Maret. Ibaratnya fotonya sudah kita siapkan tinggal mengurutkan sesuai hasil undian di masing-masing desa," ungkapnya.

3. Sebanyak 1.112 TPS disiapkan

Antusiasme Tinggi, 170 Orang Ikuti Pendaftaran Calon Kades di SlemanIDN Times/Reza Iqbal

Menurut Agung, setidaknya ada 1.112 TPS yang telah disiapkan. Sedangkan perangkat komputer yang telah ada sejumlah 1.200 buah. Menurutnya, untuk mendukung pelaksanaan e-voting Pilkades, pihaknya telah melakukan sosialisasi ke 49 desa yang bersangkutan.

"E-Voting pertama kali, Sleman siap. Ini akan langsung diikuti pemilih sebanyak 444 ribu sekian. Kita harapkan nanti Pilkades akan berjalan baik dan damai," terangnya.

Baca Juga: Pilkades Sleman 2020 Bakal Digelar dengan E-voting

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya