Antisipasi Kejahatan Jalanan,Polda DIY Bentuk Sukarelawan Anti Klitih 

Sukarelawan bantu polisi cegah kejahatan jalanan

Sleman, IDN Times - Polda Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan sejumlah langkah untuk menindaklanjuti aksi kejahatan jalanan atau biasa disebut klitih. Kabid Humas Polda DIY Kombes Yuliyanto mengungkapkan selain tindakan yang dilakukan polisi, ada peran serta warga untuk menindaklanjuti maraknya kejahatan di jalanan. 

Yuliyanto mengatakan, selain siskamling, sukarelawan anti klitih juga menjadi salah satu peran masyarakat dalam mencegah suatu kejahatan. Sukarelawan ini bisa membantu kepolisian untuk melakukan penangkapan dan pencegahan adanya tindak kejahatan jalanan.

"Sukarelawan seperti ini boleh saja sepanjang tidak melakukan pelanggaran pidana. Tidak boleh main hakim ketika menemukan anak-anak nongkrong bawa senjata tajam. Relawan biasanya bergerak didampingi petugas kepolisian," kata Yuliyanto pada Selasa (28/12/2021).

 

1. Polda DIY gelar Operasi Lilin

Antisipasi Kejahatan Jalanan,Polda DIY Bentuk Sukarelawan Anti Klitih Humas Polda DIY, Yulianto . (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Yuliyanto menjelaskan untuk langkah-langkah yang dilakukan kepolisian yakni Operasi Lilin. 

"Sekarang dalam rangka Operasi Lilin, operasi khusus kepolisian di akhir tahun. Kami juga ada operasi kegiatan yang ditingkatkan" ungkapnya pada Senin (27/12/2021) malam.

2. Polda akan tingkatkan patroli

Antisipasi Kejahatan Jalanan,Polda DIY Bentuk Sukarelawan Anti Klitih Ilustrasi Operasi Lilin Mahakam Polda Kaltim (Dok. Bid Humas Polda Kaltim)

Yuliyanto menambahkan selain menggelar Operasi Lilin, pihaknya akan menggerakkan personel untuk meningkatkan patroli.

"Peningkatan kegiatan ini dilakukan personel yang tidak terlibat surat perintah Operasi Lilin," katanya.

Baca Juga: Warganet Khawatirkan Klitih, Tagar YogyaTidakAman Trending Topic   

3. Patroli akan ditingkatkan di masing-masing wilayah

Antisipasi Kejahatan Jalanan,Polda DIY Bentuk Sukarelawan Anti Klitih TNI-Polri gelar patroli berskala besar (Dok.IDN Times/Istimewa)

Yuliyanto menjelaskan, untuk patroli kegiatan yang ditingkatkan ini akan dilakukan di masing-masing Satuan Kerja Polda maupun Polres. Dia menjelaskan, dari awalnya patroli yang dilakukan sekali, bisa ditingkatkan menjadi dua hingga tiga kali.

"Ini momentum Tahun Baru kita juga akan meningkatkan kegiatan (patroli), di samping Operasi Lilin ini," katanya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya