6.362 Pelaku Wisata di Sleman Akan Terima Vaksinasi 5 April

Vaksinasi akan dilakukan di TWC Prambanan

Sleman, IDN Times - Sebanyak 6.362 pelaku wisata di Kabupaten Sleman akan segera menerima vaksinasi COVID-19 dosis pertama pada 5 April 2021 mendatang. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo menyebutkan, rencananya, vaksinasi kepada pelaku wisata ini akan dilakukan secara massal di Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan.

Baca Juga: Kuliah Tatap Muka di Sleman akan Diterapkan Bertahap

1. Petugas di destinasi wisata hingga hotel akan dapat suntikan

6.362 Pelaku Wisata di Sleman Akan Terima Vaksinasi 5 AprilIustrasi karyawan menyemprotkan cairan disinfektan di kamar Hotel (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Joko menjelaskan, para sasaran ini sebelumnya sudah mendaftarkan diri dalam sistem. Untuk kriteria sendiri mulai dari petugas hotel dan restoran yang tergabung dalam Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), pemandu wisata, hingga petugas yang berjaga di destinasi wisata.

"Sampai saat ini pelaku wisata yang sudah terdaftar ada 6.362 orang. Pelaku wisata termasuk dari hotel dan restoran yang tergabung dalam PHRI, pemandu wisata, petugas di destinasi wisata," ungkapnya pada Jumat (26/3/2021).

2. Mekanisme masih dimatangkan

6.362 Pelaku Wisata di Sleman Akan Terima Vaksinasi 5 AprilPetugas kesehatan menyuntikan vaksin kepada relawan saat simulasi uji klinis vaksin COVID-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Meski sudah dijadwalkan dilakukan pada 5 April mendatang, untuk mekanisme vaksinasi hingga kini masih dimatangkan. Joko menyebutkan, hal ini lantaran pihaknya juga masih memastikan ketersediaan vaksin.

"Masih terus kita matangkan, karena semua tergantung ketersediaan vaksin, meskipun sudah kita rencanakan tanggal 5 April mulainya," katanya.

3. Calon haji lansia akan terima vaksinasi 30 Maret

6.362 Pelaku Wisata di Sleman Akan Terima Vaksinasi 5 AprilSuasana Jamaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Selain pelaku wisata, calon haji lansia di Kabupaten Sleman akan menerima vaksinasi terlebih dahulu pada 30 Maret 2021 mendatang. Rencananya, ada sekitar 450 calon haji lansia. Nantinya, vaksinasi calon haji lansia akan dilakukan di 4 rumah sakit.

"Dibagi 4 area. Timur di RS PDHI Kalasan, Tengah di RSU Sakina Idaman, Barat di RS Atturots, Utara di RS Puri Husada," paparnya.

Baca Juga: Vaksinasi Lansia di Sleman Dimulai, 26.790 Orang Jadi Sasaran

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya