Sultan HB X Jadi yang Pertama Nyoblos di TPS 12 Ndalem Cokronegaran

Sultan minta masyarakat gunakan hak pilihnya

Yogyakarta, IDN Times - Raja Keraton Yogyakarta sekaligus Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menjadi orang pertama yang mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 12 nDalem Cokronegaran, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Rabu (14/2/2024). Sultan tiba di TPS sekitar pukul 07.13 WIB, didampingi sang istri, GKR Hemas, serta beberapa putri dan menantunya. 

Sesampainya di TPS, Sultan bersama keluarga dipersilakan duduk sembari petugas Kelompok KPPS membuka kotak-kotak suara dan bungkusan surat suara yang masih tersegel. Lima belas menit berselang, Ngarsa Dalem kemudian menjadi orang yang pertama menggunakan hak pilihnya di TPS tersebut.

Sekitar lima menit di balik bilik suara, Sultan dan GKR Hemas lantas memasukkan surat suara yang berjumlah lima lembar itu ke kotak masing-masing. Sri Sultan berharap  agar masyarakat di Yogyakarta menggunakan hak pilihnya dengan baik.

"Jangan golput, datang ke TPS, dengan harapan kita dengan harapan kita bisa menentukan pilihan untuk pemerintahan yang stabil paling sedikit lima tahun ke depan," ujar Sultan seusai mencoblos di TPS 12 nDalem Cokronegaran, Rabu.

Dirinya juga berpesan untuk ketiga pasangan calon presiden-wakil presiden yang berkontestasi di Pilpres 2024, agar menyudahi perbedaan-perbedaan dan gesekan.

"Harus ada kemauan untuk menghargai pilihan warga masyarakat, anak bangsa ini untuk menentukan siapa pemimpin lima tahun yang akan datang," tutup Sultan.

Baca Juga: Sultan HB X Akui Diminta Jokowi Jembatani Pertemuan dengan Megawati

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya