Comscore Tracker

Simpang Empat Gondomanan Bakal Bebas dari Kabel Semrawut

Tempat Khusus Parkir Senopati juga akan ditata

Yogyakarta, IDN Times - Setelah simpang Tugu Yogyakarta dan simpang Gramedia, kini giliran simpang empat Gondomanan yang akan ditata agar bebas dari kabel udara. Kabel listrik maupun fiber optik yang ada akan diturunkan.

"Nantinya, tidak akan ada lagi kabel-kabel udara di simpang empat Gondomanan. Seluruh kabel listrik dan fiber optic akan diturunkan, di-ducting," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya, Selasa (9/8/2022) dilansir ANTARA.

1. Dilakukan bersama revitalisasi pedestrian Jalan Panembahan Senopati

Simpang Empat Gondomanan Bakal Bebas dari Kabel SemrawutJalan Panembahan Senopati, Kota Yogyakarta (Google Maps/Tangkapan layar)

Aman mengatakan, proses ducting kabel udara di simpang Gondomanan adalah bagian dari penataan wajah Kota Yogyakarta. Pekerjaan ini dilakukan bersamaan dengan proses revitalisasi pedestrian di Jalan Panembahan Senopati. Ducting kabel fiber optik milik provider seluler juga dilakukan di Jalan Secodiningratan yang sejajar dengan Jalan Senopati.

"Kami ingin menunjukkan wajah Kota Yogyakarta yang semakin tertata dan cantik karena tidak ada lagi kabel yang melintang di udara," ucap dia.

Baca Juga: Meriahnya Selasa Wagen di Malioboro Usai 2 Tahun Terhenti

2. Penunjang kawasan Malioboro

Simpang Empat Gondomanan Bakal Bebas dari Kabel SemrawutWisatawan berada di kawasan Malioboro, Yogyakarta. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Penataan kabel dan pedestrian di Jalan Senopati, lanjut Aman, rencananya akan dilanjutkan dengan penataan Tempat Khusus Parkir Senopati.

"Penataan tahun ini merupakan momentum yang tepat untuk menata seluruh kawasan Senopati. Tidak hanya trotoar dan kabel udara saja tetapi juga tempat parkirnya," katanya.

Menurut dia, kawasan Senopati adalah penunjang Malioboro yang menjadi kawasan utama wisata di Yogyakarta.

"Harapan kami, Tempat Khusus Parkir Senopati juga bisa ditata lebih indah," imbuh Aman.

3. Optimistis selesai tepat waktu

Simpang Empat Gondomanan Bakal Bebas dari Kabel SemrawutTitik Nol Kilometer Yogyakarta diberi pagar pembatas. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Aman optimistis proyek penataan simpang Gondomanan dalam selesai pada pertengahan Desember sesuai target.

"Sejauh ini, seluruh pekerjaan masih sesuai dengan tata kala yang direncanakan. Artinya, tidak ada keterlambatan dan seluruhnya sesuai tata kala dan teknis yang sudah ditentukan," ungkapnya.

Pekerjaan penataan kawasan itu sendiri memanfaatkan Dana Keistimewaan senilai Rp12,2 miliar.

Baca Juga: Pengusaha Skuter Listrik Pasrah Soal Pelarangan Operasi

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya