PERSI DIY Gelar Expo, Kenalkan Wisata Kesehatan di Jogja

Hadirkan produk kesehatan mutakhir hingga tradisional

Sleman, IDN Times - Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bekerja sama dengan Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia (PERKEDWI) DIY dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) DIY melangsungkan Expo Wisata Kesehatan bertajuk “Happy Healing and Travelling at Jogja”. Acara ini digelar di Pakuwon Mall, Sleman, selama tiga hari, 28--30 Oktober 2022.

1. Wisata kesehatan sebagai pilihan wisata multifungsi

PERSI DIY Gelar Expo, Kenalkan Wisata Kesehatan di Jogja3rd Jogja PERSI Expo (JPE) 2022 in conjunction with 1st Perkedwi DIY Expo. (YouTube.com/RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta)

Ketua Panitia 3rd Jogja PERSI Expo (JPE) 2022 in conjunction with 1st PERKEDWI DIY Expo, dr. Ade Febrina Lestari, mengatakan penyelenggaraan expo ini bermaksud mendukung wisata kesehatan sebagai pilihan bentuk wisata multifungsi yang berpotensi dikembangkan secara luas.

Di JPE 2022, hadir berbagai rumah sakit dengan akreditasi paripurna, yang menyediakan layanan wisata kesehatan, dengan peralatan medis yang canggih tanpa meninggalkan pelayanan kesehatan tradisional.

"Dengan tagline 'The strength of Indonesian products and heritage in hospital services to support the health tourism of Yogyakarta', acara kali ini diharapkan dapat memperkenalkan wisata kesehatan di Yogyakarta, memperkenalkan wellness tourism dan medical tourism Yogyakarta ke kancah Nasional maupun Internasional, dan juga meningkatkan kunjungan pariwisata DIY dan pariwisata kesehatan DIY ke masyarakat luas," kata Ade dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Jumat (28/10/2022)

2. Diisi talkshow hingga dance competition

PERSI DIY Gelar Expo, Kenalkan Wisata Kesehatan di Jogja3rd Jogja PERSI Expo (JPE) 2022 in conjunction with 1st Perkedwi DIY Expo. (YouTube.com/RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta)

Selama tiga hari penyelenggaraan JPE 2022, para pengunjung dapat mendatangi sejumlah booth penyedia pelayananan kesehatan dan pariwisata di DIY. Ada pula panggung utama yang diisi dengan talkshow kesehatan dan kegiatan lainnya.

“Expo kali ini disertai dengan berbagai kegiatan menarik seperti Talkshow, Platting Competition, Hand Hygiene Dance Competition, dan Lomba Mewarnai untuk anak. Expo kali ini diikuti oleh berbagai Rumah Sakit dan Instansi lainnya sehingga diharapkan dapat meningkatkan awareness masyarakat luas mengenai Medical and Wellness Tourism di Yogyakarta,” papar Ade.

3. Berharap wisata kesehatan di DIY makin dikenal

PERSI DIY Gelar Expo, Kenalkan Wisata Kesehatan di Jogja3rd Jogja PERSI Expo (JPE) 2022 in conjunction with 1st Perkedwi DIY Expo. (YouTube.com/RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta)

Sementara, Direktur RSA UGM sekaligus Ketua PERSI DIY, Dr dr Darwito, berharap wisata kesehatan di Yogyakarta makin dikenal oleh masyarakat, baik lokal, nasional, maupun internasional. Khususnya, layanan Wellness Tourism dan Medical Tourism-nya.

“Begitu pula dengan produk-produk kesehatan muatan lokal yang berbasis budaya lokal sehingga tingkat kunjungan pariwisata DIY dan paiwisata Kesehatan DIY akan meningkat," ungkapnya dilansir laman resmi UGM, Jumat.

Ia juga berharap acara ini membuat kehadiran PERSI semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Mengingat, expo kali ini digelar panitia secara mandiri tanpa melibatkan pihak ketiga.

“Cukup membanggakan dari mulai webinarnya, EXPO hingga kegiatan gowesnya," pungkas Darwito.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya