KA Joglosemarkerto Relasi Cilacap-Yogyakarta Siap Beroperasi

Mulai beroperasi pada 25 Februari 2022, ada promo, lho!

Yogyakarta, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 5 Purwokerto bersiap mengoperasikan KA Joglosemarkerto relasi Cilacap-Yogyakarta pergi pulang (PP).

"Untuk tahap awal, KA Joglosemarkerto relasi Cilacap-Yogyakarta PP ini dioperasikan pada 25-28 Februari 2022," ungkap Kepala PT KAI Daop 5 Purwokerto, Daniel Johannes Hutabarat dalam keterangan tertulis pada Kamis (24/2/2022) dilansir Antara.

Baca Juga: Ombudsman Yogyakarta Temukan Pedagang Eceran Borong Minyak Goreng 

1. Menambah alternatif perjalanan dengan kereta api

KA Joglosemarkerto Relasi Cilacap-Yogyakarta Siap BeroperasiIlustrasi kereta api. (IDN Times/Paulus Risang)

Daniel mengungkapkan, KA Joglosemarkerto relasi Cilacap-Yogyakarta PP ini dioperasikan untuk peningkatan dan perluasan layanan. Konsumen akan memiliki lebih banyak alternatif pilihan bepergian dengan kereta api.

Sebelumnya, perjalanan Cilacap-Yogyakarta hanya dilayani oleh KA Wijayakusuma relasi Cilacap-Ketapang yang berangkat dari Stasiun Cilacap pukul 15.10 WIB. Menurutnya, KA Joglosemarkerto ini dapat membantu konektivitas dan mobilitas masyarakat di Cilacap dan sekitarnya melalui transportasi kereta api pada pagi hari. 

2. Ada promo bagi penumpang

KA Joglosemarkerto Relasi Cilacap-Yogyakarta Siap BeroperasiIlustrasi kereta api. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Daniel menjelaskan, KA Joglosemarkerto relasi Cilacap-Yogyakarta ini menyediakan dua kelas layanan, yaitu ekonomi premium dan eksekutif.

"Sebagai upaya menarik minat masyarakat untuk menggunakan KA ini, kami berlakukan tarif promo dengan harga mulai Rp60 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp40 ribu untuk kelas ekonomi premium, sedangkan tiketnya sudah dapat dibeli melalui KAI Access maupun kanal penjualan tiket eksternal yang telah ditetapkan," katanya.

Ia mengharapkan dengan kehadiran KA Joglosemarkerto relasi Cilacap-Yogyakarta PP yang termasuk KA aglomerasi itu dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto yang hendak menuju Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) dengan menggunakan KA Bandara.

3. Jadwal KA Joglosemarkerto

KA Joglosemarkerto Relasi Cilacap-Yogyakarta Siap BeroperasiIDN Times/Galih Persiana

Untuk jadwal perjalanan, kata Daniel, KA 224F (relasi Cilacap-Yogyakarta) berangkat dari Stasiun Cilacap pada pukul 06.00 WIB dan tiba di Stasiun Yogyakarta pada pukul 09.10 WIB.

"Dalam perjalanannya menuju Stasiun Yogyakarta, KA 224F Joglosemarkerto akan singgah di Stasiun Maos, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Karanganyar, Stasiun Kebumen, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Wojo, dan Stasiun Wates," ujarnya.

Sedangkan untuk KA 223B (relasi Yogyakarta-Cilacap) berangkat dari Stasiun Yogyakarta pukul 11.20 WIB dan tiba di Stasiun Cilacap pukul 14.21 WIB.

"KAI tetap berkomitmen untuk mengoperasikan kereta api sesuai protokol kesehatan yang ketat untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang sehat, selamat, aman, dan nyaman sampai di stasiun tujuan," pungkas Daniel.

Baca Juga: Satpol PP Keluhkan Wisatawan di Yogyakarta Malas Pakai Masker 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya