PT KAI Daop 6: Ruang Tunggu Kereta Api Bandara Selesai Bulan Ini

Pembangunan harus kelar sebelum bandara baru beroperasi

Kota Yogyakarta, IDN Times - PT KAI (Persero) Daerah Operasi 6 DI Yogyakarta,  tengah menyiapkan ruang tunggu kereta api bandara dalam rangka menyambut Bandara Internasional Yogyakarta.

Ruang tunggu tersebut dibangun di beberapa stasiun di Yogyakarta. Sebelum bandara beroperasi, PT KAI (Persero) menargetkan pembangunan ruang tunggu kereta api bandara selesai bulan ini. 

1. Rampung bulan April

PT KAI Daop 6: Ruang Tunggu Kereta Api Bandara Selesai Bulan IniIDN Times/Nindias Khalika

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Di Yogyakarta, Eko Budiyanto mengatakan ruang tunggu kereta api bandara ditargetkan selesai pada bulan April. Namun dirinya  tak bisa memastikan berapa persen pembangunan ruang tunggu di Stasiun Tugu Yogyakarta telah berjalan. Namun, Eko memastikan pembangunan akan segera selesai.

"Untuk yang ruang tunggu ini target selesai bulan April, kurangnya tempat duduk tapi untuk kamar mandi sudah selesai," ujar Eko kepada wartawan, Sabtu (14/4).

Khusus untuk ruang tunggu di Stasiun Tugu Yogyakarta, dibangun di atas lahan yang mulanya dipakai untuk tempat parkir karyawan. Ruangan ini berada di dekat ruang pembelian tiket kereta api. 

2. Kapasitas ruang untuk 100 orang

PT KAI Daop 6: Ruang Tunggu Kereta Api Bandara Selesai Bulan IniIDN Times/Nindias Khalika

Eko menjelaskan ruang tunggu kereta api bandara yang terletak di Stasiun Tugu Yogyakarta dapat menampung 100 orang. Jika sudah jadi, penumpang dapat menggunakan fasilitas yang disediakan seperti pendingin ruangan dan toilet. 

Ruang tunggu kereta api bandara ini, lanjut Eko, dapat ditemui di beberapa stasiun seperti Stasiun Mojo, Stasiun Wates, dan Stasiun Tugu Yogyakarta.

4. Telah siapkan kereta api bandara

PT KAI Daop 6: Ruang Tunggu Kereta Api Bandara Selesai Bulan IniIDN Times/Nindias Khalika

Sementara itu, Executive Vice President Daop 6 Yogyakarta, Eko Purwanto mengatakan Daerah Operasi 6 Yogyakarta sedang menyiapkan dua train set Solo Ekspres yang kelak menjadi kereta api bandara.

“Keretanya untuk Daop 6 yang nanti untuk bandara itu keretanya yang sekarang beroperasi untuk Solo Ekspres (Soleks). Untuk sementara untuk Soleks sambil kita melihat kondisi keandalan kereta,” ujarnya saat ditemui di acara “UMKM KAI on Station” pada Sabtu (13/4).

5. Berkoordinasi dengan Angkasa Pura soal pola operasi

PT KAI Daop 6: Ruang Tunggu Kereta Api Bandara Selesai Bulan IniIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Soal pola operasional kereta api bandara, Eko menyatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Angkasa Pura 1 perihal pola operasi kereta api bandara.

“Untuk pola operasinya sudah kami siapkan. Kemarin beberapa hari yang lalu juga kami detailkan dengan Adisutjipto agar sinkronisasi semakin bagus. Sudah tahap finishing untuk operasi dan kondisi siap,” terangnya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya