Jelang Lebaran, Polda DIY Adakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 

Upacara dihadiri oleh personel dari berbagai instansi

Yogyakarta, IDN Times - Kepolisian Daerah Yogyakarta mengadakan Apel Gelar Pasukan untuk Operasi Ketupat Progo 2019 di halaman depan markas besar pada Selasa (28/5). Upacara dihadiri oleh personel dari berbagai instansi dan dipimpin langsung oleh Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri.

1. Diikuti oleh awak dari bermacam lembaga

Jelang Lebaran, Polda DIY Adakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat IDN Times/Nindias Khalika

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Progo 2019 dihadiri oleh personel berbagai instansi seperti TNI, Polri, Basarnas, Jasa Raharja, Dinas Perhubungan, Palang Merah Indonesia (PMI), dan lain sebagainya. Ahmad Dofiri mengatakan tahun ini pasukan yang dikerahkan untuk bertugas di Operasi Ketupat Progo mencapai 5.300 personel.

"Tiap tahun kami melaksanakan operasi itu kami melakukan kekuatan yang maksimal. Seperti di DIY kami mengerahkan hampir 5.300 personel, dari Polri 2.700," katanya.

Baca Juga: Kenali 8 Ruas Daerah Rawan Macet Sebelum Mudik ke DIY

2. Berbeda dengan tahun lalu

Jelang Lebaran, Polda DIY Adakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat IDN Times/Nindias Khalika

Ahmad Dofiri menjelaskan Operasi Ketupat tahun ini berbeda dengan tahun-tahun lalu karena pelaksanaannya bersamaan dengan penyelenggaraan tahapan Pemilu.

"Ditambah lagi selesai sambungan tol Jawa. DIY meski bukan perlintasan tapi kan tujuan mudik. Dengan tersambung tol tersebut kalau tahun lalu pemudik datang dari arah Magelang, tahun ini diperkirakan dari arah Solo-Klaten lebih banyak," terangnya.

Oleh karena hal di atas, objek pengamanan berupa terminal, stasiun, bandara, pusat perbelanjaan, masjid, dan objek wisata menjadi perhatian dalam Operasi Ketupat Progo 2019.

"Terkait terorisme ya saya kira ini juga bagian dari perhatian kami terutama juga yang ada di pos-pos itu tetap jadi kami dalam hal pengamanannya," ujarnya.

3. Destinasi wisata menjadi sorotan

Jelang Lebaran, Polda DIY Adakan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat IDN Times/Istimewa

Sejumlah objek wisata seperti pantai Parangtritis, menurut Ahmad Dofiri menjadi perhatian di Operasi Ketupat Progo 2019 karena sebelumnya telah terjadi kecelakaan laut beberapa kali.

"Yang lain kecelakaan perjalanan misalnya di Dlingo, Bantul, Cinomati, Pathuk Gunung Kidul. Ini jadi fokus kamu terkait kecelakaan lalu lintas karena jalurnya menanjak dan sempit serta banyak tikungan," ucapnya.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya