Dosen UGM Ditemukan Tewas Bunuh Diri di Kediamannya

Korban tercatat sebagai dosen aktif

Kota Yogyakarta, IDN Times - Dosen Universitas Hadjah Mada (UGM) berinisial BS ditemukan meninggal dunia diduga akibat bunuh diri pada Kamis (15/8), di rumahnya yang terletak di Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Kepala Bagian Humas dan Protokol UGM Iva Ariani mengatakan korban memang tercatat sebagai pegawai aktif di kampus. Menurutnya, korban merupakan pengajar di salah satu fakultas di UGM

1. Masih aktif mengajar

Dosen UGM Ditemukan Tewas Bunuh Diri di Kediamannyayouthmanual.com

Iva menjelaskan bahwa BS merupakan dosen Fakultas Teknik UGM. Informasi itu ia peroleh setelah mengecek nama korban di administrasi kepegawaian.

"Setelah melihat berita di grup WhatsApp saya cek di administrasi kepegawaian," ujarnya.

Baca Juga: 7 Reaksi Tubuh Saat Gantung Diri, Korban Tidak Selalu Mati Seketika

2. Pihak UGM masih menunggu informasi dari penyelidikan polisi

Dosen UGM Ditemukan Tewas Bunuh Diri di Kediamannyainstagram/ugm.yogyakarta

Menurut Iva, pihak UGM masih menunggu informasi dari penyelidikan polisi,  sehingga ia belum bisa memberikan informasi lebih detail tentang perkara maupun langkah apa yang bakal dilakukan institusi tersebut.

"Belum ada informasi lagi. Jika ada nanti saya kabarkan. Yang bisa kami sampaikan beliau memang dosen UGM," katanya pada IDN Times. 

3. Cegah perilaku bunuh diri

Dosen UGM Ditemukan Tewas Bunuh Diri di Kediamannyaunsplash.com/danedeaner

Bunuh diri merupakan masalah kesehatan jiwa serius yang sering diabaikan masyarakat. Jika kamu membutuhkan pertolongan atau mengenal seseorang yang membutuhkan bantuan, kamu bisa menghubungi layanan konseling pencegahan bunuh diri, di nomor telepon gawat darurat (emergency) hotline (021) 500-454 atau 119, bebas pulsa.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, saat ini sudah terdapat lebih dari 3.000 Puskesmas yang memiliki layanan kesehatan jiwa. Kamu bisa menghubungi atau langsung mendatangi Puskesmas terdekat untuk mengetahui apakah mereka melayani kesehatan jiwa. Bagi pemegang BPJS, konsultasi kejiwaan di Puskesmas tidak dikenakan biaya alias gratis. Jika belum memiliki BPJS, kamu tetap bisa berkonsultasi dengan biaya administrasi sebesar Rp5.000.

Selain itu, Kemenkes RI juga menyiapkan 5 RS jiwa rujukan yang dilengkapi dengan layanan konseling kesehatan jiwa dan pencegahan bunuh diri. RS jiwa tersebut ialah:

  1. RSJ Amino Gondohutomo Semarang, nomor telepon (024) 6722565
  2. RSJ Marzoeki Mahdi Bogor, nomor telepon (0251) 8324024, 8324025, 8320467
  3. RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta, nomor telepon (021) 5682841
  4. RSJ Prof Dr Soerojo Magelang, nomor telepon (0293) 363601
  5. RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang, nomor telepon (0341) 423444

Baca Juga: Layani Keadaan Darurat Sivitas Akademika, UGM Luncurkan Aplikasi Bantu

Topik:

  • Febriana Sintasari
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya