Semangat Warga Kampung Dukuh Bantul Rayakan Pesta Demokrasi

#GenZMemilih warga berharap pemimpin terpilih tepati janji

Tepat pada hari Rabu, 14 Februari 2024, seluruh rakyat Indonesia merayakan pesta demokrasi. Tak ketinggalan warga Kampung Dukuh, Kelurahan Seloharjo, Kecamatan Pundong Bantul, antusias untuk menggunakan hak suaranya.

Di TPS 01, pencoblosan dimulai pukul 08.00 sampai 13.00 WIB.  Kegiatan pemilihan suara berlangsung aman, dan damai.

Salah satu petugas KPPS Bambang mengatakan, warga bersemangat untuk mencoblos pilihannya bahkan sudah mendatangi TPS sejak pukul 07.15. Berikut potret Pemilu 2024 di Kampung Dukuh, Seloharjo, Kabupaten Bantul

1. Terdapat empat TPS di Kampung Dukuh

Semangat Warga Kampung Dukuh Bantul Rayakan Pesta DemokrasiPemilu 2024 di Kampung Dukuh (dok. Pribadi/Murniawati)

Kegiatan pemilihan umum ini berjalan dengan tertib dan kondusif. Meskipun antre tapi masyarakat sabar untuk menunggu namanya dipanggil oleh petugas KPPS. Walaupun punya jagoannya masing-masing tapi suasana di TPS 01 penuh dengan keceriaan.

Kegiatan pemungutan suara TPS 001, berlangsung di Pendopo Mbah Sastro. Tempatnya yang luas, menjadi pilihan lokasi TPS.  

"Di desa Dukuh Seloharjo ada enam RT, kami membagi menjadi empat TPS. Untuk TPS 01 di halaman rumah Pak Sastro, TPS 02 di halaman Pak Siswodiharjo. Sedangkan TPS 03 berlokasi di masjid, dan TPS 04 di halaman Pak Suhar" ujar salah seorang KPPS TPS 01, Mei.  

2. Warga dan petugas kooperatif saat berlangsungnya pencoblosan

Semangat Warga Kampung Dukuh Bantul Rayakan Pesta DemokrasiPemilu 2024 di Kampung Dukuh (dok. Pribadi/Murniawati)

Warga pun berkontribusi dalam pemilihan pemilu, karena menyadari bahwa suara yang digunakan menentukan masa depan bangsa. 

"Kami sebagai petugas KPPS berupaya penuh agar masyarakat turut serta dalam pemilu ini. Saat H-3, kami sudah mendistribusikan surat undangan kepada masyarakat. Kami mengusahakan agar para pemilih tidak kebingungan sehingga untuk warga yang lansia ataupun buta huruf didampingi oleh panitia,'' ucap Bambang selaku petugas KPPS.

Bambang mengatakan masyarakat dinilai sangat kooperatif. Hal ini terlihat saat mengantre tidak ada keinginan untuk mendahului. "'Mereka nggak ada yang minta untuk didahulukan. Semua sesuai dengan antrean masing-masing," imbuh Bambang.  

Baca Juga: TPS Tiga Kecamatan di Kabupaten Bantul Kekurangan Surat Suara

3. Harapan warga Dukuh dalam pemilihan serentak 2024

Semangat Warga Kampung Dukuh Bantul Rayakan Pesta DemokrasiPemilu 2024 di Kampung Dukuh (dok. Pribadi/Murniawati)

Mengenai paslon capres dan cawapres serta calon legislatif yang terpilih, warga meminta untuk tidak melupakan wong cilik.

"Sopo wae sik menang, mugo-mugo ora lali karo wong cilik (Siapa pun yang menang semoga nggak lupa sama orang kecil), "ungkap Daliyem, salah warga setempat.

Hal yang sama diungkapkan warga lainnya, Nanang. Ia berharap Indonesia tambah maju dan para pemimpin menempati janji-janjinya. 

"Pengarepku kanggo pemimpin sing kepilih mugo-mugo iso gawe indonesia tambah maju, janji-janji dilakoni, lan tansah eling karo rakyat e sing susah (Harapanku untuk pemimpin yang kepilih semoga bisa membuat Indonesia tambah maju, janji-janji ditepati, dan selalu ingat sama rakyat yang susah, “papar Nanang.

 

Baca Juga: Pasca Pilpres, Sultan Minta Jangan Terkotak-kotak harus Bangun Dialog

Ni Photo Community Writer Ni

mniaw_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya