Instagramable dan Mewah, JPO Ambaramarga Diresmikan Sultan HB X

Koneksikan bisnis dan perdagangan kawasan The Ambarrukmo

Sleman, IDN Times - Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X meresmikan jembatan penyeberangan orang (JPO) Ambaramarga, Selasa (19/11).

Jembatan publik ini tak hanya menjadi penghubung kawasan The Ambarrukmo, tetapi juga menjadi fasilitas pendukung mobilitas masyarakat sekitar di sepanjang Jalan Laksda Adisutjipto.

"JPO Ambaramarga diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sekitar, sehingga tidak ada lagi yang menyeberang langsung jalan raya, demi keselamatan warga sekitar," ujar Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

1. JPO untuk keselamatan pengguna jalan

Instagramable dan Mewah, JPO Ambaramarga Diresmikan Sultan HB XGubernur DIY Sultan HB X didampingi President Director The Ambarrukmo, Tjia Eddy Susanto (kiri) meninjau JPO Ambaramarga yang baru saja diresmikan, Selasa (19/11). IDN Times/Holy Kartika

Jembatan penyeberangan orang yang dimulai konstruksinya sejak tahun lalu ini, diinisiasi The Ambarrukmo untuk memfasilitasi masyarakat dan pengunjung Plaza Ambarrukmo. Managing Director The Ambarrukmo, Haris Susanto mengungkapkan jembatan yang terbentang dari utara ke selatan ini memiliki panjang 107 meter.

"JPO Ambaramarga memiliki makna Jalan di Angkasa, dengan mengembang tiga visi utama yakni develop, connect, safety," ujar Haris.

Sebagai bentuk Corporate Social Responsibilty (CSR) The Ambarrukmo, JPO ini dibangun dengan tujuan agar dapat memberikan keamanan dan keselamatan bagi para penyeberang jalan. Haris mengungkapkan fasilitas ini menjadi infrastruktur yang berfokus pada kualitas dan fungsi bagi masyarakat luas. 

"Pembangunan jembatan ini juga sudah dilakukan melalui serangkaian kajian dan sesuai dengan aturan SNI Nomor 1727 tahun 2013 dan 1726 tahun 2012 tentang perancangan bangunan dan ketahanan terhadap gempa," jelas Haris. 

Baca Juga: Nadiem Sebut Sultan HB X Sebagai Gubernur Daerah Indonesia Yogyakarta

2. Ambaramarga jadi daya tarik pemburu foto

Instagramable dan Mewah, JPO Ambaramarga Diresmikan Sultan HB XJembatan Penyeberangan Orang (JPO) Ambaramarga menjadi daya tarik baru di Plaza Ambarrukmo. IDN Times/Holy Kartika

Sejak diuji coba pada September lalu, jembatan ini mulai mencuri perhatian masyarakat. Bahkan, tak sedikit pengunjung Plaza Ambarrukmo maupun tamu hotel dari Grand Ambarrukmo maupun Royal Ambarrukmo Yogyakarta yang menjadikan JPO Ambaramarga sebagai spot foto.

"Di samping sebagai fasilitas publik, ternyata jembatan ini juga sangat menarik bagi pengunjung untuk berfoto, mengabadikan foto yang instagramable," ujar Wakil Bupati Sleman, Muslimatun.

Sedikitnya, kata Haris, JPO Ambaramarga ini telah dikunjungi 1.882 orang. Jembatan ini dilengkapi dengan tiga pintu akses, dan fasilitas ramah difabel.

3. Hubungkan kawasan bisnis dan perdagangan

Instagramable dan Mewah, JPO Ambaramarga Diresmikan Sultan HB XJembatan Penyeberangan Orang (JPO) Ambaramarga menghubungkan Plaza Ambarrukmo dan Grand Ambarrukmo Hotel. IDN Times/Holy Kartika

Haris memaparkan The Ambarrukmo sejak 1965 terus berupaya memberikan kontribusi bagi Yogyakarta dan Indonesia. Inovasi akan terus coba dilakukan untuk dapat memberikan kontribusi, baik terhadap perekonomian DIY maupun kepada masyarakat sekitar.

"Kami berharap keberadaan JPO Ambaramarga ini dapat menjadi jembatan baru bagi inovasi bisnis dan perdagangan di Yogyakarta, maupun di kawasan sekitar The Ambarrukmo," jelas Haris. 

Jembatan ini telah dilengkapi sistem penerangan 24 jam dan dijaga tim keamanan yang dikoordinir oleh manajemen The Ambarrukmo. Sehingga, diharapkan keberadaan jembatan ini dapat terus dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat sekitar.

Baca Juga: Besok akan Dugusur, 5 PKL Gelar Tapa Pepe Mengadu kepada Sultan HB X

Topik:

  • Paulus Risang
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya