Comscore Tracker

Cari Catur Prasetyo, Tim SAR Kembali Sisir Pantai Parangtritis

Hari keempat, keluarga masih menanti korban ditemukan

Bantul, IDN Times - ‎Tim SAR gabungan kembali melakukan pencarian korban kecelakaan laut di Pantai Parangtritis pada hari keempat, Kamis (18/8/2022). Catur Prasetyo (17), pelajar SMK asal Kota Semarang, Jawa Tengah, hilang setelah terseret gelombang pada Senin (15/8/2022) lalu.

1. Proses pencarian melalui penyisiran di darat dan laut‎

Cari Catur Prasetyo, Tim SAR Kembali Sisir Pantai ParangtritisPencarian korban laka laut di Pantai Parangtritis. (Dok. Basarnas Yogyakarta)

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah III Bantul, Muhammad Arief Nugroho, mengatakan pencarian korban dilakukan seperti hari-hari sebelumnya, yakni melalui darat dengan penyisiran pantai mulai dari TKP korban tenggelam ke arah barat hingga Muara Sungai Opak, serta ke arah timur yakni Pantai Parangendok.

Sementara untuk pencarian melalui laut menggunakan perahu jukung dan jet ski namun demikian untuk pencarian laut masih melihat kondisi gelombang laut.

"Ya pencarian masih seperti hari kemarin, melalui darat dengan penyisiran pantai dan melalui laut dengan pertimbangan gelombang landai," katanya pada Kamis.

Baca Juga: Abaikan Peringatan, Pelajar SMK Semarang Tergulung Ombak Parangtritis 

2. Arus laut bagian tengah bergerak ke timur dan arus laut pinggiran bergerak ke barat‎

Cari Catur Prasetyo, Tim SAR Kembali Sisir Pantai ParangtritisIlustrasi gelombang dan arus laut. (IDN Times/Daruwaskita)

Untuk kondisi arus sendiri, kata pria yang disapa akrab Inu ini, untuk arus tengah cenderung bergerak ke timur namun demikian untuk arus laut di pinggiran cenderung bergerak ke barat.

"Arah arus sangat berpengaruh terhadap keberadaan korban. Pada hari ketiga atau keempat seperti pengalaman-pengalaman sebelumnya, kondisi jenazah harusnya sudah mengapung di laut. Tinggal arus laut ke mana akan membawa jenazah yang sudah dalam kondisi mengapung itu," ucapnya.

Inu menjelaskan, paman korban sudah datang ke Posko SAR Pantai Parangtritis sejak hari kedua untuk menunggu hasil pencarian tim SAR gabungan.

"Kalau untuk pihak sekolah juga sempat menunggu hasil pencarian dalam beberapa hari, namun saat ini perwakilan dari pihak sekolah sudah pulang ke Semarang," tuturnya.

3. Koordinasi dengan SAR satlinmas Wilayah II, IV, dan V serta Pos TNI AL Congot

Cari Catur Prasetyo, Tim SAR Kembali Sisir Pantai ParangtritisPencarian korban laka laut di Pantai Parangtritis. (Dok. Basarnas Yogyakarta)

Sementara, Humas Kantor Basarnas Yogyakarta, Pipit Eriyanto, mengatakan untuk pencarian korban, Tim SAR gabungan berkoordinasi dengan dengan SAR Satlinmas Wilayah IV Bantul, SAR Satlinmas Wilayah V Kulon Progo, dan SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul untuk turut memantau jika ada temuan korban laka laut di wilayahnya.

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan Pos TNI AL di Congot, Kulon Progo untuk turut memantau laut di wilayahnya jika ada kemungkinan korban di temukan di wilayahnya," katanya.‎ 

Baca Juga: Ortu Siswa SMK Semarang yang Terseret Ombak Parangtritis Ungkap Pesan Anaknya

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya