Tim Gegana Musnahkan 31 Kilogram Bahan Mercon di Pantai Depok

Warga diingatkan bahaya kepemilikan bubuk mesiu

Bantul, IDN Times - Tim Gegana Satuan Brimob Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), bersama jajaran Kepolisian Resor Bantul, memusnahkan 31 kilogram bubuk mesiu bahan petasan atau mercon di kawasan Pantai Depok, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Jumat (26/4/2024). 

 

1. Pemusnahan kategori low explosive

Tim Gegana Musnahkan 31 Kilogram Bahan Mercon di Pantai DepokPemusnahan bahan mercon oleh Gegana Brimob Polda DIY.(Dok.Polres Bantul)

Komandan Tim Gegana Jibom Gegana Satuan Brimob Polda DIY, Kompol Suripto menjelaskan, pemusnahan bahan peledak termasuk adalah jenis low explosive berbahan dasar KCLO4.

"Yang kita laksanakan ini adalah pemusnahan low explosive yang berbahan dasar KCLO4, untuk mengamankan bahan peledak tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,"terangnya. 

2. Menyimpan bahan mercon segera laporkan ke polisi

Tim Gegana Musnahkan 31 Kilogram Bahan Mercon di Pantai DepokPemusnahan bahan mercon oleh Gegana Brimob Polda DIY.(Dok.Polres Bantul)

Kompol Suripto mengimbau warga yang menyimpan bahan petasan atau mercon, segera melapor kepada pihak berwajib, yakni ke Polsek atau Polres setempat.

“Kami mengimbau warga yang masih menyimpan bahan peledak, segera saja melaporkan kepada pihak berwajib untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan,” imbaunya.

Baca Juga: Hanya 2 Kandidat Ekternal yang Daftar Balon Bupati Bantul di DPC PDIP

3. Bubuk mesiu yang diamankan hasil operasi selama Ramadan

Tim Gegana Musnahkan 31 Kilogram Bahan Mercon di Pantai DepokPemusna

Bahan peledak yang dimiliki masyarakat awam dinilai sangat berbahaya, apalagi kepemilikan dalam jumlah yang cukup banyak, dikhawatirkan bisa memicu terjadinya ledakan yang bisa amenyebabkan jatuhnya korban jiwa.

"Peristiwa meledaknya bahan baku mercon di Pandak, Bantul beberapa waktu lalu, harus menjadi pelajaran bagi masyarakat. Kendati bahan peledak tersebut jenis low explosive, tetap bisa membahayakan jika jumlahnya banyak dan kemudian meledak.

Sementara Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Bayu Sila Pambudi menegaskan, pemusnahan bubuk mesiu bahan baku petasan berasal dari hasil operasi selama bulan Ramadan yang dilakukan jajaran Polres Bantul. “Dari giat operasi itu telah diamankan total sebanyak 31 kilogram mesiu bahan baku petasan,” bebernya.

 

Baca Juga: 7 Venue Pernikahan di Hotel Jogja, Tawarkan Kemewahan dan Elegansi

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya